Kendari (Antara News) - Dinas Peternakan Kabupaten Muna tahun 2014 akan membangun pasar ternak di wilayah Kecamatan Lambiku.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Muna, Ir. Darwis di Kendari, Sabtu, mengatakan dana untuk membangun pasar ternak tersebut sebesar Rp1 miliar.

"Dana sebesar itu, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2014 Kementerian Pertanian," katanya.

Menurut dia, pasar ternak yang akan dibangun di Lambiku itu akan menjadi pusat penjualan berbagai jenis ternak seperti sapi potong, kambing dan ayam potong maupun ayam kampung di Muna. "Bagi warga, baik dari wilayah Muna sendiri maupun di luar Muna yang membutuhkan ternak seperti sapi potong, kambing atau ayam kampung, dapat berbelanja di pasar ternak yang kita akan bangun itu," katanya.

Ia mengatakan dengan pasar ternak itu, pihaknya akan lebih mudah mengetahui jumlah produksi ternak di Muna yang laku terjual pada setiap bulannya.

Menurut dia, potensi peternakan dari berbagai jenis ternak seperti sapi potong, kambing dan ayam kampung di Muna cukup besar.

Khusus sapi potong milik rakyat kata dia, saat ini populaisnya mencapai kurang lebih 56.000 ekor. "Produksi dari sapi potong itu selain memenuhi kebutuhan daging di Sultra, juga diantarpulaukan berbagai daerah di Indonesia seperti Maluku, Makassar dan Surabaya," katanya.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024