Bengkulu (Antara News) - Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengatakan, ada empat unsur yang bisa mendewasakan kalangan pers agar sehat dan mengedepankan independensi dalam melaksanakan kontrol sosial.

        Pertama pers merdeka dan bebas, bertanggung jawab, profesionalisme dan taat hukum, kata Bagir Manan di Bengkulu, Sabtu.

        Ia menjelaskan, pers harus merdeka dan bebas dalam menyampaikan kedaulatan rakyat, ibarat dua sisi dari satu lembar atau satu keping mata uang.

        Pers merdeka adalah salah satu prasyarat kedaulatan rakyat, sebaliknya kedaulatan rakyat adalah prasyarat pers merdeka.

        Syarat kedua, sehat bukan sekadar memiliki kemerdekaan. Setiap kemerdekaan melekat tanggung jawab dan tidak ada kemerdekaan tanpa tanggung jawab.

        Sebagai sarana publik, pers harus bertanggung jawab dan bekerja demi kepentingan publik yang menyuarakan secara benar sesuai fakta.

        Unsur sehat ketiga adalah pers yang senantiasa menjunjung tinggi profesionalisme, esensi dan tidak sekadar memiliki keahlian, keterampilan yang tinggi.

        Profisionalisme tidak dapat dipisahkan dari integritas, menjunjung tinggi moral, sehingga menjadi panutan masyarakat melalui pemberitaan.

        Unsur keempat, pers sehat dikelola dengan ketentuan hukum, prinsip manajemen yang baik, berbagai unsur pers sehat sangat penting dalam mewujudkan, mempertahankan dan mendewasakan kedaulan rakyat.

        Namun menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, pers sehat itu meliputi tiga unsur yakni independensi, industri dan orientasi.

        Seorang praktisi pers baru bisa dikatakan sehat apa bila sudah menjalankan independensinya dengan baik, bekerja dalam sistem industri dan manajemen tempatnya bekerja juga sudah baik.

        Selain itu orientasinya sudah mapan, sehingga tidak bergantung pada orang ketiga yang dapat merongrong tugas dan tanggung jawabnya sebagai penyampai informasi kepada publik, ujarnya.

Pewarta : Oleh Zulkifli Lubis
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024