Kendari,  (Antara News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), optimistis bisa meraih predikat piala Adipura Kencana tahun 2014.

"Berdasarkan evaluasi yang dilakukan Dewan Pertimbangan Adipura, kondisi kebersihan di Kota Kendari, layah untuk menjadi nominasi peraih adipura kencana," kata Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Senin.

Ia mengatakan, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup sudah melakukan meninjau sejumlah titik pantau diantaranya, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Puuwatu Kecamatan Baruga termasuk perkampungan mandiri energi.

Menurut Asrun, untuk meraih tripi piala adipura memang tidak mudah, harus ada beberapa inovasi yang dilakukan pemerintah terkait pemanfaatan lingkungan.

Inovasi yang dimaksud katanya, akan mendongkrak perolehan nilai lomba, sehingga harus benar-benar bermanfaat bagi masyarakat atau bagi peningkatan kualitas libngkungan.

Beberapa inovasi yang sudah dilakukan katanya, dan mendapat apresiasi di Indonesia adalah pemanfaatan gas metan di TPAS Puuwatu kemudian pengembangan kampung mandiri energi.

"Beberapa faktor inovasi tersebut menjadi nilai jual bagi Kota Kendari. Sehingga kita optimsitis bisa meraih Adipura Kencana tahun ini," ujarnya.

Pemerintah kota Kendari katanya, sudah meraih tropi adipura selama lima tahun berturut-turut, dan bertekat tahun ini bisa meraih adipura kendana.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024