Kendari,  (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadikan peringatan hari amal bakti Kementerian Agama RI ke-68 tahun 2014 sebagai momentum pembinaan umat beragama secara terpadu.

"Pembinaan agama itu harus terpadu antara Kemenag Kabupaten kota dengan Pemda setempat, begitu halnya Kanwil kemenag Sultra dengan Pemerintah provinsi Sultra, karena keduanya adalah satu kesatuan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, H.Lukman Abunawas, didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Rakhman, usai upacara peringatan HAB ke-68, di Kantor Kemenag Sultra, Jumat.

Ia mengatakan, antara ulama dan umat harus menjalin kerja sama dan bagaimana membangun umat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sekda juga menyampaikan bahwa hubungan antara jajaran Kemenag Sultra dan Pemprov Sultra tidak ada masalah dan tetap terjalin koordinasi dengan baik.

"Terkait dengan pergantian kepemimpinan Kanwil Kemenag Sultra itu sudah sesuai dengan prosedur dan melalui Baperjakat Kementerian Agama. Beliau bukan orang baru karena pernah menduduki sejumlah jabatan dalam lingkup Kemenag Sultra. Kita semua orang daerah dan yang terpenting kita menjalankan tugas dan tangunng jawab," katanya.

Lukman juga mengapresasi kinerja dan keberhasilan yang diraih Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra dalam membantu membangun mentalitas dan spritual masyarakat Sultra.

Rakhman mengatakan, hari amal bakti ke-68 dijadikan momentun untuk meningkatkan kinerja Kemenag dengan cara bekerja secara profesional dan amanah sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Misi Kementerian Agama mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bertanggungjawab, kemudian tetap memposisikan diri untukl netral dalam segala hal terutama dalam menghadapi tahun politik 2014," katanya.

Sebelumnya, diberikan penghargaan satya lencana karya satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada 33 PNS lingkup Kemenag Sultra dan STAIN Kendari.

Selain itu diberikan pula penghargaan kepada guru madrasah terbaik nasional lingkup Kemenag Sultra dan siswa madrasah terbaik nasional lingkup Kemenag Sultra.

Usai upacara dilanjutkan dengan ramah tamah peringatan Hari Amal Bakti kementerian Agama ke-68 di Alua Kanwil Kemenag Sultra yang dihadiri seluruh jajaran Kemenag Sultra.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024