Kolaka (Antara nEWS) - Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Pertambangan setempat akan menyalurkan bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bagi masyarakat yang kurang mampu di 12 kecamatan.

Kepala Bidang Listrik dan Pemanfaatan Energi Dinas Pertambangan, La Ode Sofian ditemui, Rabu mengatakan PLTS yang akan dibagikan bagi masyarakat kurang mampu itu adalah bantuan dari CSR PT.Antam.

"Secara keseluruhan CSR PT.Antam memberi bantuan dalam bentuk PLTS sebanyak 7.500 unit dan sudah disalurkan sebanyak 5.000 kepada masyarakat oleh pejabat lama dalam kegiatan Pemerintah sejak tahun 2012 hingga bulan Maret 2013," katanya.

Untuk akhir tahun ini kata Sofian pihak akan menyalurkan lagi 500 unit PLTS yang saat ini sementara dilakukan pemasangan di beberapa kecamatan di wilayah selatan. "Tidak semua kecamatan mendapatkan kuota yang sama seperti kecamatan Toari hanya 20 unit yang sudah terpasang, begitu juga dengan Kecamatan Watubangga 89 unit saat ini sementara berjalan pemasangannya," ujarnya.

Sofian juga mengatakan sisanya sekitar 2.000 unit akan dimanfaatkan pada tahun 2014 di kecamatan yang berbeda, sehingga warga masyarakat bisa menikmati penerangan lampu di malam hari dengan menggunakan PLTS. "Tahun depan tergantung pihak Antam apakah akan menyiapkan sisa dari jumlah PLTS itu," katanya.

Untuk menjaga agar PLTS yang diberikan kepada masyarakat bisa bertahan lama, kata Sofian, pihak Dinas pertambangan memberikan pelatihan tentang tata cara perawatannya. "Pihak pertambangan saat ini memberikan pelatihan kepada penerima PLTS itu agar bisa tahan lama karena konsultan pemasangannya telah ditunjuk oleh PT.Antam," kata Sofian.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024