Jakarta,  (Antara News) - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, Selasa, menyerahkan tongkat komando jabatan kepada Kapolri baru Komjen Polisi Sutarman dalam upacara serah terima jabatan di Markas Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

        "Hari ini ada penyerahan tongkat komando, tanda jabatan, panji Polri dan Tri Brata," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie di Depok, Jawa Barat.

        Acara serah terima jabatan Kapolri rencananya dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh para ketua lembaga negara, menteri, lembaga terkait, serta sejumlah kepala kepolisian daerah (kapolda).

        "Ada pun undangan VIP sekitar 720 undangan, namun mereka hanya mengikuti acara sertijab," ujarnya.

        Setelah prosesi serah terima jabatan, lanjutnya, akan ada acara serah terima jabatan Ketua Bhayangkari, Ibu Asuh Polwan, pisah sambut dan pelepasan Kapolri lama.

        "Acaranya pisah sambutnya internal," katanya.

        Sebelumnya, Komjen Pol Sutarman resmi dilantik sebagai Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Timur Pradopo oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Kepresidenan pada Jumat (25/10).

        Mantan Kabareskrim Polri tersebut merupakan satu-satunya calon Kapolri yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke DPR.

        Dari uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan pada 17 Oktober, maka kemudian DPR menyetujui Sutarman sebagai calon Kapolri dan dikukuhkan persetujuan itu dalam rapat paripurna.

Pewarta : oleh Ade Irma Junida
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024