Kendari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara merevitalisasi lima pasar tradisional yang tersebar di lima daerah pada 2013.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sultra Abdul Madjied di Kendari, Kamis, mengatakan lokasi revitalisasi pasar tradisional tersebut terletak di Kabupaten Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Muna, dan Bombana. "Revitalisasi lima pasar di Sultra ini sudah dikerjakan, ada yang sudah selesai dan sebagian lagi tahap penyelesaian," ujarnya.

Ia mengatakan, kelima pasar tersebut akan direvitalisasi menjadi sebuah pasar tradisional terpadu dilakukan dengan koordinasi bersama PD Pasar setempat dan sumber dana revitalisasi pasar tradisional tersebut berasal dari pemerintah pusat dalam bentuk bantuan sosial dari kementerian Perdagangan RI. "Setiap pasar dianggarkan sebesar Rp900 juta, sehingga total anggaran untuk lima pasar sebesar Rp4,5 miliar," ujarnya.

Pasar yang masuk kategori untuk direvitalisasi adalah pasar yang selama ini terlihat kumuh sehingga dibuatkan dua bangunan lods tertutup dan dua lods terbuka. "Sebelumnya sudah ada bantuan yang sama yakni terdapat di Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Buton," katanya.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024