Kolaka, (Antara News) - Pasangan Ahmad Safei-Muhammad Jayadin (SMS Berjaya) memenangkan pilkada Kolaka versi hitung cepat yang dilakukan oleh Konsultan Citra Indonesia dengan 40,99 persen mengungguli pasangan Amir Sahaka-Parmin Dasir (Aspirasi) yang hanya mendapatkan 35,42 persen.

Direktur Konsultan Citra Indonesia (KCI) Muhammad Barkah Pattimahu di Kolaka, Minggu petang, dalam jumpa persnya mengatakan metodologi survei yang dilakukan oleh pihaknya dengan menggunakan Multistage Random Sampling.

"Dari 873 TPS kita hanya mengambil sample 250 TPS yang tersebar di beberapa kecamatan dan margin errornya hanya sekitar 1 persen," katanya.

Menurutnya tingginya masyarakat yang memilih figur pasangan SMS Berjaya tidak terlepas dari sosok figur Ahmad Safei yang sangat dikenal oleh kalangan masyarakat bawah.

"Jadi pilkada Kolaka hanya berlangsung satu putaran ," jelasnya.

Sementara tingkat partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya pada pilkada Kolaka ini sangat tinggi yakni berkisar 71,25 persen melewati standar nasional.

"Meskipun demikian kami tetap menunggu pengumuman resmi dari pihak KPU mengenai hasil perhitungan manual," jelas Barkah.

Untuk itu Barkah menyarankan kepada tim sukses pasangan SMS Berjaya agar bagaimana mengawal hasil perhitungan yang telah dilakukan di tingkat TPS hingga ke PPK.

Hasil selengkapnya perolehan suara versi hitung cepat yang dilakukan oleh konsultan citra Indonseia (KCI) yakni pasangan Ahmad Safei-Muhammad Jayadin (SMS Berjaya) 40,99 persen,pasangan Najmuddin Haruna-Rusman (Beriman) 8,10 persen,pasangan Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba (Farhat-SBL) 3,25 persen,pasangan Harun Rahim-Rustam Pettanyalla (Harus) 12,23 peersen,sementara pasangan Amir Sahaka-Parmin Dasir (aspirasi) 35,42 persen.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024