Makkah,  (Antara News) - Seluruh jemaah haji Indonesia sudah berada di Mina  pada sekitar pukul 06.00 Waktu Arab Saudi(WAS) atau pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat(WIB) setelah mabit di Muzdalifah WIB.

"Alhamdulillah, pada pukul 06.00 WAS seluruh jemaah haji Indonesia sudah didorong semuanya dari Muzdalifah ke Mina," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan umroh Kementerian Agama Anggito Abimanyu kepada Media Center Haji, Selasa.

Menurut dia, jemaah haji Indonesia meninggalkan Muzdalifah menuju Mina secara bertahap mulai pukul 23.40 WAS, Senin malam dan sudah tiba semua di Mina pukul Selasa pagi pukul 06.00 WAS.

"Armada untuk rute ini memakai SAPTCO (city bus) dengan kapasitas maksimal 75 orang," katanya.

Menurut Anggito, setelah menyelesaikan prosesi wukuf di Arafah serta mabit di Muzdalifah, jemaah haji reguler umumnya memilih ke Mina dahulu untuk melempar jumroh, sedangkan haji khusus ke Masjidil Haram untuk tawaf ifadhah dan sai.

Sementara itu menurut data terakhir Siskohatkes Depkes, selama jemaah berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf, sebanyak delapan jemaah wafat.

Selain itu, terdapat 49 jemaah menjalani rawat jalan, 10 harus dirujuk ke RS Arab Saudi dan yang menjalani rawat inap sebanyak 10 jemaah.

Sementara itu, situasi lalu lintas di Makkah sangat padat karena kendaraan-kendaraan jemaah dari Arafah sebagian sudah kembali ke Makkah untuk pelaksanaan tawaf ifadhah dan sai.

Pewarta : oleh Fitri
Editor :
Copyright © ANTARA 2024