Jimbaran, Bali, (Antara News) - Pertemuan Dewan Penasehat Bisnis anggota APEC (ABAC) ke-4 dibuka oleh ketua ABAC Wisnu Wardhana dalam rangkaian konferensi Tingkat Tinggi Forum kerja sama ekonomi Asia Pasifik di Bali, 1-8 Oktober 2013.

Dalam sambutannya Wisnu menegaskan bahwa peningkatan konektivitas dalam kerangka APEC diharapkan dapat mendukung integrasi perdagangan dalam kawasan, serta menjadikan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sebagai bagian dari pertumbuhan regional.

"UKM dapat menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi regional, dengan dukungan berupa akses untuk mendukung mereka," ujar Wisnu dalam sambutannya di Jimbaran, Rabu.

Selain itu, sektor swasta juga diharapkan untuk dapat melakukan kontribusi di bidang infrastruktur di dalam kawasan yang juga didukung oleh sistem keuangan kawasan yang kuat.

Kemudian, ABAC juga akan menekankan pembicaraan mengenai ketahanan pangan dan energi.

Dalam kesempatan itu, Wisnu juga memperkenalkan tujuh anggota baru ABAC diantaranya Dirut PT. Pertamina Karen Agustiawan Setiawan, Dirut PT Bank Negara Indonesia Gatot Suwondo, serta Dirut PT. Telkom Indonesia Arief Yahya.

ABAC adalah sebuah kelompok itingkat tinggi independen pebisnis yang menasehati pemimpin forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada isu-isu prioritas untuk bisnis di wilayah.

ABAC didirikan oleh para pemimpin regional pada tahun 1995 untuk memberikan masukan bisnis ke forum APEC.

Pewarta : oleh Ageng Wibowo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024