Makassar (Antara News) - Jamaah Annadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melaksanakan shalat Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Setelah melihat tanda-tanda alam, kami menyimpulkan bahwa 1 Syawal jatuh pada hari ini," kata Ustadz Lukman di sela-sela pelaksanaan shalat Id di kawasan perkebunan kelapa sawit, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu.

Pada pelaksanaan shalat Id tersebut, jamaah laki-laki yang umumnya berambut pirang itu, menggunakan sorban dan jubah hitam. Jamaah perempuan dan anak-anak menggunakan jubah hitam dan cadar menutupi wajah.

Jamaah Annadzir di Kecamatan Bonto Marannu berbondong-bondong ke lapangan sesuai shalat shubuh. Mereka ada yang berjalan kaki dan menggunakan kendaraan roda dua serta empat untuk menuju tempat shalat Id. Sejumlah aparat kepolisian turut berjaga-jaga di sekitar lokasi pelaksanaan shalat Id mereka.

Hampir setiap Ramadhan, Jamaah Annadzir lebih awal berpuasa dan setiap 1 Syawal lebih awal dalam melaksanakan shalat Idul Fitri. Jamaah itu tidak hanya di Kabupaten Gowa, akan tetapi juga tersebar di kabupaten lain di Sulsel hingga ke Kolaka, Sultra. Pelaksanaan shalat Id dipimpin ketua jamaah, Ustadz Lukman dan diawali dengan khotbah.

Pewarta : Oleh Suriani Mappong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024