Kendari (Antara News) - Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara siap menyambut para peserta Sail Komodo 2013 dari berbagai negara yang singgah di kabupaten tersebut sebelum menuju Pulau Komodo, NTT.

"Kami Pemerintah Kabupaten Wakatobi bersama seluruh elemen masyarakat, sudah mempersiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut peserta Sail Komodo yang singgah di Wakatobi," kata Bupati Wakatobi, Hugua di Wangiwangi, Senin.

Hugua mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai pagelaran seni budaya tradisional Wakatobi, termasuk tari-tarian untuk dipersembahkan kepada para peserta Sail Komodo yang tertolak dari Australia, dan akan masuk Wakatobi sekitar 24 Agutus 2013.

Di Wakatobi para peserta Sail selain menikmati berbagai atraksi budaya, juga akan mengunjungi tempat-tempat wisata terutama tempat penyelaman.

"Selain menikmati berbagai atraksi budaya, kami juga sudah menyiapkan panitia untuk memandu para turis mancanegara berkeliling mengunjungi obyek wisata, terutama wisata menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut Wakatobi yang terletak di pusat segi tiga karang dunia," katanya.

Menurut dia, pagelaran senibudaya yang dikemas dalam Festival Budaya Wakatobi, sudah menjadi kalender tetap Pariwisata Nasional yang digelar pada setiap bulan Agustus. Setiap iven ini biasanya dihadiri wisatawan mancanegara, baik yang datang menggunakan penerbangan reguler maupun turis yang menumpang kapal mewah sendiri ke Wakatobi.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024