Kolaka, Sultra, 1/8 (Antara) - Pasangan Amir Sahaka-Parmin Dasir dengan slogan "Aspirasi" mendeklarasikan diri sebagai salah satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kolaka untuk mengikuti pilkada yang akan digelar pada Oktober 2013.

Kegiatan deklarasi pasangan Aspirasi yang dilaksanakan di Lapangan Sembilanbelas November Kolaka, Kamis, dihadiri sekitar 5,000 orang simpatisa dan kader partai pendukung pasangan calon kepala daerah tersebut.

Amir Sahaka yang juga Pelaksana Bupati Kolaka dan Ketua DPC PAN Kolaka berpasangan dengan Parmin Dasir yang kini Ketua DPRD Kolaka dan Wakil Ketua DPC PAN Kolaka itu, diusung PAN yang berkoalisi dengan beberapa partai politik antara lain PDP, PKPI, PPN, PDS, Partai Kedaulatan, PKNU dan PNI Marhainisme.

"Kami sepakat untuk berjuang memenangkan pasangan  Amir Sahaka dan  Parmin Dasir pada Pilkada Kolaka ini demi kelanjutan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat daerah ini," kata Andi Masmul mewakili partai koalisi saat membacakan deklarasi pasangan Aspirasi itu.

Pada kesempatan itu Sekretaris DPW PAN Sultra, Abdul Rahman Saleh dalam orasi politiknya mengajak masyarakat untuk memilih pasangan Aspirasi yang memiliki karakter, kepribadian baik dan berpihak pada rakyat.

"Sejak tujuh bulan lalu  PAN melakukan survei pada 18 bakal calon bupati dan wakil bupati Kolaka, ternyata pilihannya jatuh pada pasangan Aspirasi," katanya.

Ia menyampaikan titipan pesan Ketua DPW PAN Sultra yang juga Gubernur Sultra, Nur Alam yang tidak sempat menghadiri acara deklarasi itu bahwa PAN hanya mengusung satu pasangan yakni duet Amir Sahaka dan Parmin Dasir.

"Oleh Karena itu, jangan biarkan Aspirasi berjalan sendiri, bantu dan berikan dukungan kepada mereka," harap Rahman.

Sementara itu, calon Bupati Kolaka Amir Sahaka berorasi dan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada partai pendukung dan berbagai elemen masyarakat yang hadir pada acara deklarasi itu.

"Mudah-mudahan ini merupakan suatu pertanda kesuksesan, apalagi PAN Sultra hanya mendukung Aspirasi, oleh karena itu, masyarakat jangan ragu dalam mendukung pasangan calon ini," katanya yang mendapatkan aplaus dari masyarakat yang memadati lapangan di pusat Kota Kolaka.

Amir Sahaka juga menyampaikan pesan kepada seluruh elemen masyarakat agar cerdas dalam memilih pemimpin serta bersih dari segala hal apalagi yang berkaitan dengan hukum.

"Saya tidak bisa berbicara panjang lebar karena waktu kita yang sedikit, apalagi saat ini kita sedang menjalani ibadah puasa, namun kami minta segenap elemen masyarakat untuk memilih pemimpin yang aspiratif," ujarnya sambil membacakan pantun sebelum menutup orasi politiknya.

Calon Wakil Bupati Kolaka Parmin Dasir juga mengambil kesempatan menyampaikan orasi politik dengan bahasa Bugis karena sebagian besar penduduk Kolaka adalah etnis Bugis.

Ia menyampaikan alasan dirinya maju menjadi calon wakil bupati karena pasangannya berjiwa religius, berlatar belakang guru, dan tidak akan membeda-bedakan masyarakat.

Parmin juga menjelaskan dirinya adalah mantan kepala desa yang mungkin pertama di Indonesia yang sukses duduk menjabat Ketua DPRD, sehingga dirinya mengetahui kondisi kehidupan masyarakat di pedesaan

"Oleh karena itu, saya menghimbau semua kepala desa untuk tidak membiarkan saya berjuang sendiri, tapi hendaknya mengajak masyarakatnya mendukung pasangan Aspirasi," ujarnya yang mendapatkan tepukan tangan yang riuh dari para pendukung Aspirasi di lapangan itu.

Parmin juga menyampaikan salah satu program unggulan pasangan Aspirasi antara lain program "Asjandes" yakni aspal jalan desa, yang diharapkan semua jalan di desa-desa teraspal.

Acara deklarasi tersebut dimeriahkan artis ibukota Jakarta Ashanty dan artis lokal yang menghibur masyarakat yang datang dari berbagai kecamatan dari Kolaka dan Kolaka Timur.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024