Wangiwangi (Antara News) - Ribuan warga yang datang dari berbagai pelosok Kabupaten Wakatobi, Senin malam menyerbu Lapangan Merdeka Wangiwangi untuk menyaksikan pameran pembangunan daerah tertinggal (PDT).

Pameran PDT yang diikuti sejumlah kabupaten tertinggal di kawasan Timur Indonesia itu, dibuka Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmi Faisal Zaini.

Di lokasi pameran tersebut, Menteri PDT didampingi Bupati Wakatobi, Hugua dan anggota DPR RI Umar Arsal bersama rombongan, disambut dengan tari-tarian Sajomoane. Tarian tersebut merupakan tarian khas Wakatobi yang dipersembahkan kepada setiap tamu agung atau tamu kehormatan daerah.

Pemerintah dan masyarakat Wakatobi mengawali acara pembukaan pameran tersebut dengan doa tolak bala dan selamat yang dilakukan oleh para ketua adat se kabupaten Wakatobi.

Doa selamat dipimpin Imam Masdjid Swada, H La Ode Alani, sedangkan doa selamat dipimpin P3NTCR Wangiwangi, La Ode Taufik.

Usai pembacaan doa, para ketua adat membuka Liwo (talang berisi makanan khas daerah Wakatobi), lalu mempersilakan Menteri PDT dan bupati Wakatobi, serta anggota DPR Umar Arsal dan para Muspida mencicipi isi Liwo.

"Susunan piring dalam Liwo yang tertata rapih ini, sebagai simbol dari tradisi budaya Wakatobi yang saling mendungkung satu sama lain," kata tokoh masyarakat Wakatobi, La Ode Taufik seusai memimpin ritual pembukan pameran KPDT di Wakatobi.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024