Kendari,  (Antara News) - Sebanyak 126 orang siswa tingkat SD, SLTP, SMA dan perguruan tinggi menerima bantuan beasiswa program peningkatan dan kesejahteraan peserta dari PT Jamsostek Kendari dengan nilai seluruhnya Rp247,2 juta.

"Penyaluran bantuan beasiswa itu, merupakan tahap pertama di tahun 2013, dari total dana yang disediakan sebesar Rp360 juta," kata Kepala PT Jamsostek Cabang Kendari, Abdul Rahman Harun di Kendari, Selasa.

Menurut Rahman Harun, sisa dana beasiswa yang belum tersalurkan itu tetap akan diserahkan di tahun ini setelah semua proses administrasi bagi anak peserta jamsostek yang berprestasi selesai.

Mengenai besaran bantuan beasiswa yang diberikan, kata Kepala Bidang Keuangan Jamsostek Kendari Bayu Wibowo didampingi petugas Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) Irawan Bayuaji, jumlahnya bervariasi.

"Untuk beasiswa kelompok SD dan SLTP diberikan sebesar Rp1,8 juta per siswa per tahun dan tingkat SLTA dan mahasiswa sebesar Rp2,4 juta per orang per tahun," katanya.

Ia mengatakan besaran bantuan beasiswa bagi setiap peserta itu sama nilainya dengan beasiswa beberapa tahun sebelumnya.

"Penyerahan bantuan beasiswa ini merupakan tahap pertama, dan tahap kedua akan diberikan di penghunjung tahun ini," katanya.

Dikatakan bahwa bantuan beasiswa dan peningkatan kesejahteraan peserta bagi anak pekerja peserta Jamsostek yang berprestasi di masing-masing sekolah.

Menurut Rahman Harun, beasiswa yang diberikan itu bertujuan untuk membantu tenaga kerja peserta Jamsostek, dalam meringankan pembiayaan sekolah anak-anak peserta Jamsostek.

Bagi iswa SD hingga SLTA yang berhak mendapatkan beasiswa itu minimal memiliki nilai tujuh, sedangkan mahasiswa memiliki IPK minimal 2,75. Selain itu, orang tua siswa juga sudah menjadi peserta Jamsostek minimal selama satu tahun.

Selain pemberian beasiswa bagi siswa anak peserta Jamsostek, Jamsostek juga melakukan pengobatan cuma-cuma minimal 3-4 kali dalam setahun pada beberapa kabupaten di Sultra," katanya.

Pewarta : Oleh: Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024