Kendari,  (Antara News) - Pembangunan Jembatan Talia-Bungkutoko Kota Kendari telah rampung dan akan diresmikan menggunaannya pada 11 Mei 2013 sebagai salah satu kado ulang tahun HUT Kendari ke-182.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kendari, Ali Aksa, di Kendari, Selasa mengatakan, jembatan dengan panjang 130 meter tersebut dijadwalkan akan diresmikan oleh Gubernur Sultra, Nur Alam.

"Acara peresmian akan dilakukan Sabtu malam 11 Mei, ini dimaksudkan agar langsung bisa disaksikan nyala lampu yang merupakan bagian dari jembatan itu," katanya.

Ia mengatakan, jembatan dengan lebar 9 meter tersebut, menelan total anggaran sebanyak Rp24 miliar dari Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kendari.

"Jembatan ini dibangun sejak 2009, dana bersumber dari APBD murni Kota Kendari," katanya.

Ia menjelaskan, Jembatan Talia-Bungkutoko akan menghubungkan bibir teluk daratan Kendari dengan Pulau Bungkutoko yang berada tepat di muara teluk Kendari.

Selain itu katanya, jembatan Talia-Bungkutoko itu akan mendukung akses menuju pelabuhan Peti Kemas di Pulau Bungkutoko Kendari yang saat ini dalam tahap pembangunan.

"Kalau Pelabuhan Peti Kemas itu sudah rampung, maka aktivitas di Pelabuhan Nusantara Kendari saat ini yang terletak di Kelurahan Kandai akan dipindahkan di pelabuhan peti kemas itu," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024