Kendari,  (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta para kepala desa dan lurah agar ikut mengawasi aktivitas perusahaan yang mengeksploitasi kekayaan tambang di daerah itu.

"Saya titip kepada para desa, lurah dan camat agar bisa bersama jaga negeri ini dan mengawasi proses eksploitasi kekayaan tambang daerah agar tetap terkendali," kata Nur Alam dihadapan sekitar 2000 desa dan sekitar 200 camat se Sultra, pada Rapat Koordinasi antara Pemda Sultra dan para desa, lurah dan camat se-Sultra, Sabtu, di Kendari.

Rapat tersebut merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra yang ke-49 yang jatuh pada 27 April 2013.

Menurutnya, banyak investor yang datang berinvestasi di daerah itu, tetapi dalam hal pengawasan tidak mungkin hanya bisa dilakukan seorang gubernur sehingga perlu bantuan dan keterlibatan seluruh elemen pemerintah termasuk desa.

"Tetapi saya harap para kepala desa jangan menjadi cukong para jo, yang tidak memperhatikan prosedur pembukaan lahan, naik pertambangan maupun kepala sawit," katanya.

Kedepan kata gubernur, Sultra akan terus mengembangkan pengelolaan sumber daya alam di daerah itu, tidak hanya sekedar menjual bahan mentah tetapi harus ada proses pengolahan lebih lanjut di daerah dengan cara mengembangkan insutrialisasi pertambangan.

"Kita harus memiliki pabrik pengolahan tambang nikel, meskipun itu akan dibangun oleh para investor dibeberapa daerah di Sultra,seperti di Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan dan Bombana," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Sultra memiliki sejumlah SDA melimpah seperti rumput laut meningkat tiap waktu, tetapi belum berhasil bangun pabrik rumput laut.

"Kalau kita berhasil membangun pabrik pengolahan rumput laut, maka itu membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat lokal," katanya.

Nur Alam juga berpesan kepada kepala desa lurah dan camat agar selalu menjaga netralitas dalam setiap Pemilihan kepala Daerah (pilkada) di daerahnya.

Hadir dalam rapat itu, Sekda SUltra, seluruh SKPD lingkup SUlra, Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah dan Wali Kota Baubau, AS Thamrin.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024