Kendari,  (Antara News) - Sebanyak 169 perahu hias ikut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara ke-49 melalui karnaval perahu hias yang dilaksanakan di Teluk Kendari, Kamis sore.

         Karnaval perahu hias tersebut disaksikan oleh Gubernur Sultra, Nur Alam, unsur muspida dan ribuan warga yang memadati bibir teluk Kendari.

         Nur Alam mengatakan, karnaval perahu hias tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengangkat potensi Teluk Kendari menjadi ikon wisata bahari Sultra.

         "Ini salah satu upaya kita untuk mengembangkan wisata kebaharian, yang nantinya akan menjadi kalender kegiatan tahunan sehingga akan menarik minat wisatawan berkunjung di daerah ini," katanya.

         Wakil Ketua Pelaksana Karnaval Perahu Hias, Burhanuddin HS Noy menyebutkan, karnaval perahu hias tersebut dirangkaikan dengan lomba perahu hias.

         Peserta dalam kegiatan itu berasal dari perwakilan kabupaten dan kota se-Sultra, perwakilan seluruh SKPD lingkup Sultra, dan partisipasi dari masyarakat.

         "Tahun depan kita akan buat acara ini lebih meriah, guna turut mengembangkan wisata bahari, dan teluk Kendari akan dijadikan salah satu pusat wisata bahari di Sultra," katanya.

         Monita, salah seorang warga Kendari mengaku terhibur oleh kegiatan yang disuguhkan Pemprov Sultra dalam memperingati hari kelahiran daerah penghasil tambang nikel itu.

         "Kalau selama ini kita hanya mengenal karnaval di jalan raya, kali ini panitia menampilkan hal baru yakni karnaval perahu hias di teluk. Ini memberikan nilai hiburan tersendiri, semoga itu bisa berkelanjutan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024