Kendari (ANTARA News) - Kader Partai Demokrat, menggelar bakti sosial melayani pengobatan gratis di Kabupaten Wakatobi.

Fungsionaris DPP Partai Demokrat, Umar Arsal di Wangi-Wangi, Rabu mengatakan, kegiatan bakti sosial melayani pengobatan gratis yang dipusatkan di delapan titik di Wakatobi.

"Delapan titik yang kami pilih untuk tempat kegiatan bakti sosial itu, tersebar di empat pulau besar Kabupaten Wakatobi," katanya.

Ia mengatakan dalam bakti sosial melayani pengobatan gratis itu, Partai DPP Partai Demokrat melalui rumah aspirasi Umar Arsal, mengerahkan lima tenaga dokter dari berbagai jenis penyakit dibantu beberapa tenaga perawat kesehatan.

"Dokter yang kami datangkan dalam bakti sosial itu, antara lain dokter umum, gigi, dokter mata, dan ahli dalam," katanya.

Umar mengatakan jika dalam memeriksa kesehatan masyarakat menemukan jenis penyakit yang membutuhkan perawatan lebih lanjut, pihaknya akan memberikan rujukan kepada rumah sakit tertentu dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh rumah aspirasi Umar Arsal.

"Kalau penyakit warga yang bisa langsung ditangani dokter dalam bakti sosial itu, langsung diberikan pelayanan, sedangkan yang membutuhkan perawatan lebih lanjut, kita rujuk ke rumah sakit," katanya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan gratis, dalam bakti sosial tersebut kata dia, juga melayani sunatan massal, terutama bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

"Anak-anak yang dilayani dalam sunatan massal, juga tidak dipungut biaya apa pun, bahkan panitia menyiakan bingkisan kepada setiap anak," katanya.

Ditanya berapa banyak warga yang akan dilayani dalam bakti sosial itu, Umar Asal yang juga anggota DPR RI asal daerah pemilihan Sultra itu, mengatakan tergantung dari kemampuan petugas kesehatan yang disiapkan pada setiap hari.

"Kita berharap, petugas yang kami kerahkan bisa melayani mimal 100 warga setiap hari pada satu lokasi kegiatan," katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan pelayanan kesehatan gratis di Kelurahan Waetuno, Kecamatan Wangiwangi, Rabu, pihaknya melayani pasien umum 276, penyakit gigi 30 orang dan sunatan massal 59 anak.

Sehari sebelumnya, Selasa (16/4), bhakti sosial digelar di Kelurahan Mandati, Kecamatan Wangiwangi Selatan.

Jumlah pasien yang dilayani dalam pengobatan gratis tersebut sekitar 400 orang yang terdiri dari berbagai jenis penyakit, termasuk 100 orang penyakit.

Pewarta : Oleh: Agus Sanaa
Editor :
Copyright © ANTARA 2024