Kolaka,  (Antara News) -Hasil penjaringan aspirasi masyarakat dalam Musrembang yang dilakukan pihak Bappeda Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara warga meminta bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangunan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

"Usulan ini lahir saat kegiatan jaring aspirasi, yang diselenggarakan pemerintah kabupaten dan hampir di seluruh kecematan warga menginginkan PLTS itu," kata kepala Bappeda Kolaka, Fahruddin Rahim di Kolaka, Jumat.

Menurutnya saat ini masih banyak desa yang belum dialiri listrik terutama yang berada di dalam pelosok desa yang berdekatan dengan daerah pegunungan dan pesisir pantai.

"Sebetulnya permintaan PLTS dan penerangan lainnya terus terjadi setiap tahunnya namun sayangnya aspirasi tersebut tidak dapat terpenuhi sekaligus karena banyaknya usulan lain yang tak kalah pentingnya dengan kebutuhan warga lainnya," jelasnya.

Permintaan warga lainnya saat dilakukan jaring aspiras kata ketua PSSI Kolaka itu antara lain sarana transportasi untuk kemajuan perekonomian sarana sarana lainnya yang memang mendesak.

" namun usulan PLTS itu dapat disahuti melalui APBD atau bantuan dari pihak swasta lainnya karena Program dari pemerintah pusat sudah tidak ada lagi," ungkap Fachruddin Rahim.

Ia juga menamabahkan selama ini, pihak PT Antam sering memberikan bantuan PLTS kepada warga saat pelaksanaan program demo Gerbangmastra khususnya bedah kecamatan, yang merupakan program membangun pemerintah.

"Jumlahnya juga cukup lumayan mencapai puluhan unit yang diberikan pihak perusahaan itu dalam sekali kegiatan," ujaranya.(Ant).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024