Kolaka, (ANTARA News) - Kondisi kesehatan Bupati Kolaka, Buhari Matta menurun usai menjadi Inspektur Upacara pada hari ulang tahun (HUT) ke-53 Kabupaten Kolaka di Lapangan Sembilan Belas Nopember, Kamis.

Kepala Badan Kepegawaian Kolaka Ruhaedin saat mengantar Buhari Matta menuju rumah jabatan untuk beristirahat mengatakan usai menjadi Irup kondisi kesehatan Bupati Kolaka menurun sehingga membutuhkan istirahat.

"Kondisi beliau (Buhari Matta-red) nampak pucat sehingga agenda tabur bunga ditaman makam pahlawan diserahkan kepada wakil Bupati Amir Sahaka," katanya.

Menurutnya Bupati Kolaka memang sengaja memaksakan diri meskipun kondisi kesehatannya belum pulih untuk menghadiri HUT Kolaka dan inspektur upacara karena HUT Kolaka adalah keinginannya karena kesakralan acara itu.

Selain itu ini juga menjadi inspektur upacara terakhir bagi Buhari Matta di masa jabatannya sebagai Bupati untuk periode kedua, karena pada Februari 2014 sudah selesai masa jabatanya sebagai bupati, katanya.

Ruhaedin juga menjelaskan awalnya Bupati Buhari ngin melakukan pertemuan dengan rekan-rekan wartawan namun kondisi kesehatan yang mulai menurun dan membutuhkan istirahat.

"Pak Buhari meminta kepada saya untuk mewakilkan dan bertemu kepada rekan-rekan wartawan di rujab, dan beliau juga menyampaikan permintaan maaf," jelasnya.

Kemungkinan dalam dua hari ini lanjut dia, Buhari Matta akan kembali ke Makassar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dirumah sakit Siloan tempat dimana dirawat.

"Dalam waktu dekat beliau akan kembali ke Makassar untuk berobat," ungkapnya.

Terkait pemanggilan Buhari Matta kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sultra, Ruhaedin menjelaskan tidak mengetahui secara pasti karena Bupati Kolaka itu hanya berpesan terkait kondisi kesehatannya yang menurun.

"Pak Bupati tidak mengatakan hal itu kepada saya, beliau hanya mengatakan bahwa kondisi kesehatannya menurun dan membutuhkan istirahat sehingga tidak bisa menemui para wartawan," katanya menambahkan.(Ant).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024