Unaaha (ANTARA News) - Umar Arsal, anggota DPR RI dari Partai Demokrat, menjadi bapak angkat Desa Tani Indah, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe.

Umar menyampaikan kesediaannya menjadi bapak angkat desa tersebut di depan masyarakat, saat menggelar Bakti Sosial melayani pengobatan gratis terhadap warga setempat, Selasa.

"Melihat kondisi desa yang sangat terpencil dan serba keterbatasan sarana dan prasarana, terutama jalan dan jembatan ini, saya akan menjadi bapak angkat dari desa ini," ucapnya yang disambut tepuk tangan warga.

Sebagai bapak angkat desa lanjut Umar, tenttu akan bertanggung jawab membantu desa itu agar pembangunan jalan dan jembatan yang menghubungkan wilayah desa dengan ibu kota kecamatan dan desa-desa tetangganya bisa segera terbangun.

"Saya benar-benar prihatin melihat kondisi jalan dan jembatan menuju desa ini. Saya hitung-hitung ada enam jembatan darurat yang saya lewati, sangat mendesak untuk dikerjakan," katanya.

Insya Allah ujarnya sebagai wakil rakyat asal Sultra akan memperjuangkan desa-desa tertinggal di Sultra, termasuk desa Tani Indah untuk mendapatkan alokasin anggaran pembangunan jalan dan jembatan pada tahun 2013 nanti.

"Di Kementerian Pekerjaan Umum, ada dana proyek pembangunan infrastruktur pedesaan atau PPIP dan di Kementerian Perumahan Rakyat ada dana pembangunan perumahan bagi rakyat belum memiliki rumah layan huni. Saya akan berjuang kepada pemerintah pusat agar desa ini bisa memperoleh dana-dana tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tani Indah, Aburaera mengungkapkan, Desa Tani Indah berjumlah sebanyak 73 Kepala Keluarga yang mayoritas belum memiliki rumah layak huni.

"Desa ini dimekarkan dari Desa Laembu Jaya, karena jaraknya dengan desa induk yang terlalu jauh, sekitar 15 kilometer," katanya.

Jalan sepanjang 15 kilometer tersebut kata dia, kondisinya masih tanah, yang tidak dapat dilalui kenderaan roda empat saat musim hujan.

Menurut Aburaera, Desa Tani Indah merupakan desa paling ujug di Kabupaten Konawe yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Konawe Utara dan laut Banda.

Jarak desa tersebut dengan Unaaha, ibu kota Kabupaten Konawe kata dia, kurang lebih 100 kilometer

"Pak Umar Arsal, anggota DPR RI pertama yang mengunjungi desa ini dan langsung menyatakan kesediaannya menjadi bapak angkat. Kami seluruh warga sangat bersyukur dan menyampaikan terima kasih," katanya. (Ant).

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024