Megelang (ANTARA News) - PT. Antam Tbk. melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 150.000 bibit di lahan kritis kawasan lereng Gunung Merapi Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dalam  penanaman bibit pohon itu dilakukan oleh Direktur Operasi PT. Antam Jakarta ,Winardi bersama Dirjen Planologi Kementerian Kehutanan RI, Bambang Soepijanto, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XI Jawa-Madura, Totong Budiman, dan Bupati Magelang Singgih Sanyoto, di Desa Kaliurang, Senin.

"Kegiatan penanaman pohon pada lahan kritis ini bekerja sama dengan Yayasan Lebah Indonesia (YLI), dan merupakan bagian dari program penanaman 1,25 juta pohon di tahun 2012 untuk mendukung program pemerintah dalam "Penanaman Satu Miliar Pohon", kata Winardi.

Menurut dia, kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian perusahaan milik negara itu terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup, mendorong pengembangan dan pengelolaan hutan rakyat secara bersama melalui kemitraan dengan masyarakat dan mengurangi kerusakan lingkungan akibat berkurangnya vegetasi di kawasan Gunung Merapi.

"Kegiatan ini juga merupakan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, PT. Antam melibatkan masyarakat di delapan kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk ikut memelihara bibit pohon yang telah ditanam itu.

Jenis pohon yang ditanam itu antara lain pohon Sengon dan Jabon yang merupakan tanaman jenis Fast Growing Species, serta pohon Sirsak dan Sawo.

"Diharapkan hasil penanaman pohon tersebut nantinya juga dapat dinikmati oleh masyarakat," ujar Winardi.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024