Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kendari menganggarkan dana Rp3,6 miliar pada 2013 untuk pengadaan dua unit bus eksklusif, kata Kepala Dinas Perhubungan Kendari Yunus Alif Tondu, Senin.

Ia mengatakan, setiap unit bus dianggarkan sebesar kurang lebih Rp1,8 miliar sehingga totalnya Rp3,6 miliar.

Ia mengatakan, pengadaan kendaraan bus tersebut untuk memenuhi kebutuhan pembukaan jalur trayek baru menuju Rumah Sakit Umum (RSU) Abunawas Kendari.

"Bus yang dianggarkan dalam APBD 2013 itu rencananya akan diatur rutenya melewati Kendari Beach-Bundaran Stainless-RSU Abunawas-Kantor Gubernur," katanya.

Ia menjelaskan, transportasi menuju RSU Abunawas Kota Kendari hingga kini belum dilayani angkutan kota (angkot), sehingga pemerintah kota Kendari pun mencari cara agar jalur itu dapat dilayani dengan mengalokasikan dana melalui APBD untuk pembelian dua unit bus.

"Saat ini belum ada kendaraan angkutan kota (angkot) yang menuju ke RSUD Abunawas Kendari, sehingga masyarakat sering mengeluh," kata Yunus Alif Toondu.

Menurut Yunus, bus itu hanya bersifat perintis jalur trayek yang baru, jika banyak angkot yang ingin melewati jalur itu akan dikembalikan penuh kepada angkot. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024