Kendari,  (ANTARA News) - Penggalangan dana untuk korban kebakaran Pasar Higienis Kendari yang digelar pemerintah Kota Kendari, Minggu malam, berhasil menghimpun dana sebanyak Rp344 juta.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kendari, Fatmawati Faqih, di Kendari, Minggu malam, mengatakan, dana yang terkumpul tersebut khusus berasal dari pihak swasta, atau para pengusaha dan wiraswastawan.

"Kami sangat memberikan apresiasi terhadap para pengusaha tersebut, karena mereka memiliki kepedulian besar terhadap pada korban kebakaran Pasar Higienis Kendari," katanya.

Menurut dia, para pengusaha yang telah memberikan sumbangan tersebut, ada yang menyampaikan langsung di hadapan para pengusaha lainnya, tetapi ada juga yang hanya sekedar menyampaikan lewat telpon.

Beberapa penyumbang tersebut berasal dari BRI Kendari sejumlah Rp25 juta, dari Agung Taksi sebanyak Rp25 juta, Agung Hotel sebanyak Rp5 juta, dan Futsal Agung sebanyak Rp5 juta.

Pihak Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra juta melalui Direktur Utama, Haeul Kumala Raden, menyampaikan sumbangan sebanyak Rp50 juta, kemudian dari Direktur Aneka Laksana sebanyak RpRp25 juta.

PT Leo Eka Utama memberikan bantuan sebanyak Rp30 juta, selanjutnya pemilik Datracho Taksi, Dahri Pawakkang, juga menyerahkan bantuan sebanyak Rp20 juta.

"Ada beberapa orang yang sengaja minta tidak perlu diumumkan namanya, sehingga total yang terkumpul malam ini sebanyak Rp344 juta." katanya.

Menurut dia, dana itu nantinya akan diserahkan dalam bentuk tunai kepada para korban kebakaran, tetapi sebelumnya akan didata agar pembagiannya bisa merata secara keseluruhan.

Kebakaran itu terjadi pada Senin (19/11), dan menghanguskan seluruh (715) kios di pasar itu. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024