Kendari (ANTARA News) - Pasangan Buhari Matta-Amirul Tamim (BM-Amirul) mengklaim memenangi sementara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara berdasar hasil hitung cepat Lembaga Survei Satu Hati.

"Sampel suara yang sudah masuk baru sekitar 86,3 persen sehingga masih ada perubahan perolehan dukungan masing-masing pasangan," kata Koordinator Strategi dan Pemenangan BM-Amirul, Arsyad Abdullah di Kendari, Minggu.

Hitung cepat yang dilaksanakan lembaga survei dari Jakarta tersebut menempatkan BM-Amirul di peringkat pertama dengan perolehan suara mencapai 47,3 persen, disusul pasangan petana Nur Alam-Saleh Lasata (NUSA) yang diusung PAN mencatat 37,6 persen dan pasangan Ridwan Bae-Haerul Saleh (Arbae) yang diusung Partai Golkar 15,1 persen.

Beberapa kabupaten yang diklaim dimenangkan BM-Amirul adalah Kolaka, Kolaka Utara, Kota Kendari, Wakatobi, Bau Bau, Bombana, dan Konawe Selatan.

Juru bicara tim pemenangan pasangan BM-Amirul Remas Kusudadjaya mengimbau pendukung dan simpatisan untuk menyambut kemenangan dengan tidak berlebihan.

"Tabulasi suara masuk baru mencapai 86,3 persen. Masih ada pergeseran perolehan suara masing-masing pasangan calon," kata Remas.

Ia mengimbau saksi pasangan BM-Amirul agar tetap konsisten mengawal data hasil pemilihan mulai dari KPPS, PPK, KPU kabupaten/kota hingga tingkat provinsi. (Ant).

Pewarta : Sarjono
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024