Kendari (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, meminta pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota agar bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman di pusat investasi pemerintah (PIP).

"Saya imbau pemda bisa memanfaatkan PIP untuk mempercepat pembangunan di daerah masing-masing," kata Hatta Rajasa, saat meresmikan penggunaan Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Sultra di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, pemerintah Sultra sudah berhasil memanfaatkan fasilitas itu dengan melakukan pinjaman untuk mempercepat pembangunan beberapa fasilitas yang ada di Sultra.

Beberapa infrastruktur yang dibangun di Sultra menggunakan dana pinjaman PIP, katanya, adalah Rumah Sakit Umum Bahteramas Sultra, dan beberapa ruas jalan yang ada di daerah itu.

"Sultra telah menjadi percontohan keberhasilan melakukan pinjaman guna mempercepat pembangunan infrastruktur di Sultra," kata nya.

Ia menjelaskan, pinjaman PIP hanya bersifat untuk menstimulus pembangunan infrastruktur daerah, karena kalau menunggu APBD ataupun APBN, akan membutuhkan waktu lama memenuhi kebutuhan pembangunan di daerah.

"APBN itu jumlahnya terbatas, sementara sangat banyak sektor yang harus dibiayai. Sementara disisi lain, daerah juga membutuhkan dana untuk pembangunan infrastruktur. Solusinya harus membutuhkan dana yang cepat meskipun dengan cara meminjam," katanya.

Untuk melakukan peminjaman itu, katanya, pemerintah sudah menyediakan wadahnya melalui PIP dan nantinya bisa dilakukan pembayaran dengan cara mencicil dari APBD masing-masing daerah peminjam setiap tahun. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024