Kendari (ANTARA News) - Anggaran program pengembangan angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2012 sebesar Rp18 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Burhanuddin HS Noy mengatakan, program pengembangan ASDP tersebut antara lain pembangunan dermaga penyeberangan Amolengo Kabupaten Konawe Selatan sebesar lima miliar rupiah.

"Anggaran itu merupakan pembangunan tahap pertama dermaga penyeberangan Amolengo yang akan menghubungakan dengan dermaga Labuan di Kabupaten Buton Utara," katanya.

Selain itu, kata Burhanuddin, dana untuk pembangunan penyeberangan Labuan yang sudah masuk pembangunan tahap III sebesar tujuh miliar rupiah.

"Tahun ini, pemerintah juga menganggarkan rehab dermaga penyeberangan feri Baubau-Waara dengan total anggaran sebesar dua miliar rupiah," katanya.

Penyeberangan Tampo-Torobulu juga mendapatkan anggaran rehab dermaga dengan total anggaran sebesar dua miliar rupiah.

Selain itu, penyeberangan Kendari-Wawonii mendapatkan anggaran rehab dermaga sebesar dua miliar rupiah, sehingga total dana untuk pengembangan dermaga ASDP pada 2012 sebesar Rp18 miliar.

Seluruh dana tersebut katanya, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2012.

"Pembangunan sarana prasarana tersebut dimaksudkan untuk menyediakan laju perkembangan mobilitas penduduk Sulawesi Tenggara antar pulau yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun," katanya. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024