Kendari (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari mencatat bahwa daftar pemilih sementara (DPS) untuk kebutuhan pemilihan Gubernur Sultra mencapai 214.562 orang.

"Daftar Pemilih Sementara di Kota Kendari tersebut masih mengacu pada hasil Pemilihan Wali Kota Kendari yang digelar 7 Juli 2012," kata Hidayatullah yang merupakan Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kota Kendari, di Kendari, Rabu.

Hidayatullah mengatakan, DPS yang diserahkan KPU Kota Kendari kepada KPU Sultra tersebut mengalami penurunan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang telah dipublikasi oleh KPU SUltra sebelumnya.

"Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu yang berasal dari KPU Sultra untuk Kota Kendari sebanyak 258.220 orang. Setelah kami lakukan verifikasi, maka kami tetap mengacu pada data pilkada Kota Kendari untuk menetapkan DPS, sehingga kami gunakan angka 214.652 orang," ujarnya.

Meskipun sudah menyerahkan DPS ke KPU Sultra,namun pihaknya berjanji tetap akan melakukan verifikasi sebelum adanya keputusan penetapan Daftar Pemilih tetap (DPT) Pilgub SUltra.

Hidayatullah memprediksi, kemungkinan jumlah DPS yang tercatat sebesar 214.652 akan terjadi lagi peningkatan saat penetapan DPT, karena akan menambah daftar pemilih pemula yang usianya 17 tahun sampai tanggal 4 November.

Pemilihan Gubernur Sultra akan dilaksanakan pada 4 november 2012, yang akan diikuti oleh beberapa kandat diantaranya pasangan Ridwan Bae-Khaerul Saleh, Nur Alam-Saleh Lasata, Buhari Matta-Amirul Tamim, Ali Mazi-Wuata Saranani, Sabaruddin Labamba-Muhammad Kasir dan Laode Asis-Jusrin.

Pasangan cagub dan cawagub tersebut masih harus menunggu verifikasi dari KPU Sultra untuk menentukan daftar calon gubernur dan calon wakil gubernur tetap. (ANT).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024