Kendari (ANTARA News) - Kepolisian daerah (polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengimbau masyarakat setempat agar turut memelihara dan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan damai menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah.

Kapolda Sultra, Brigjen Polisi Tubagus Anis Angkawijaya, di Kendari, Selasa mengatakan, selama ini Sultra dikenal sebagai daerah aman sehingga predikat itu perlu terus dijaga dan dipertahankan.

"Terutama dalam menghadapi lebaran tahun ini, kita meminta masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Kamtibmas," katanya.

Menurutnya, Sultra sudah lama dikenal sangat menjunjung tinggi kerukunan antara umat beragama, sehingga saling menghargai saat umat lain menjalankan ibadah dan hari-hari besar agama.

"Beberapa kegiatan keagamaan tingkat nasional dilaksanakan di Sultra, sebagai bentuk kepercayaan pemerintah bahwa Sultra mampu menjadi contoh penerapan perilaku toleransi antara umat beragama," katanya.

Sehingga kepercayaan itu katanya, jangan dinodai oleh ulah-ulah oknum tertentu, sehingga perlunya kamtibmas itu dipelihara secara bersama-sama, tidak hanya tugas aparat keamanan tetapi juga masyarakat secara umum.

Ia mengingatkan, untuk warga Kendari yang ingin mudik di luar Kota Kendari, agar menitipkan rumahnya kepada tetangga.

"Sebelum tinggalkan rumah, periksa baik-baik apakah rumah dalam keadaan terkunci atau kondisi aman. Kunci titip di tetangga," katanya.

Hal ini mengantisipasi jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan situasi saat orang mudik tinggalkan rumah. (ANT).

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024