Kendari (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah PDIP Sulawesi Tenggara sedang membahas untuk menentukan tiga bakal calon wali kota Baubau periode 2013-2018 untuk pemilihan wali kota pada 4 November 2012 dalam rapat pleno pengurus, Senin malam.

"Calon wali kota Baubau yang dibahas melalui rapat pleno pengurus DPW PDIP ini, ada tiga orang, yakni Ibrahim Marsela, La Ode Mustari dan Ansir," kata Fungsionaris DPW PDIP Sultra, Nursalam Lada di Kendari, Senin petang.

Menurut Nursalam, ketiga kandidat yang mendaftar di PDIP tersebut memiliki peluang yang sama untuk menjadi calon wali kota Baubau dari PDIP.

Namun jika merujuk pada hasil survei terakhir yang dilakukan Indo Barometer atas permintaan PDIP, Ibrahim Marsela, memiliki peluang lebih besar karena menempati posisi teratas elektabilitas atau tingkat terpilihan, yakni 34 persen lebih.

Sedangkan posisi kedua dari hasil survei terakhir tersebut ditempati La Ode Mustari dengan elektabilitas sekitar 20 persen dan posisi ketiga ditempati Ansir dengan tingkat keterpilihan di bawah 20 persen.

"Siapa di antara tiga kandidat itu yang akan dicalonkan PDIP pada pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Baubau, akan ditetapkan melalui rapat pleno pengurus pada Senin malam ini," katanya.

Menurut Nursalam, awalnya ada tujuh kandidat wali kota Baubau yang mendaftarkan diri di PDIP, namun setelah dilakukan penjaringan oleh panitia khusus pemilihan wali kota - wakil wali kota, hanya tiga kandidat yang layak menggunakan PDIP.

Ia mengatakan, PDIP di Kota Baubau, hanya memiliki satu kursi, sehingga untuk mengajukan satu pasangan calon wali kota - wakil wali kota membutuhkan koalisi dengan partai lain.

"Selain didukung oleh hasil survei, kandidat wali kota yang akan menggunakan pintu PDIP juga harus mendapat dukungan dari partai lain yang akan menjadi mitra koalisi PDIP," katanya.

Di internal PDIP sendiri menurut Nursalam, saat ini tengah membangun komunikasi dengan Partai Golkar dan PKS, untuk bersama-sama mengusung satu pasangan calon wali kota - wakil wali kota.

"Informasi terakhir, Partai Golkar sudah merekomendasikan Ibrahim Marsela jadi calon wali kota Baubau. Bisa jadi, rekomendasi PDIP juga akan mengarah ke Ibrahim karena yang bersangkutan memang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi," katanya.

Pemilihan wali kota - wakil wali kota Baubau periode 2013 - 2018 rencananya akan digelar pada 4 November 2012.

Sejumlah kandidat wali kota yang akan meramaikan bursa pemilihan wali kota - wakil wali kota tersebut sejak beberapa bulan terakhir sudah memasang baliho di berbagai sudut kota Baubau.

Mereka antara lain Muirun Awi (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton), H Suhufan (mantan Sekda Kota Baubau), Amiruddin (Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Baubau, Amril Tamim (adik kandung wali kota petanaha, Amirul Tamim), La Masikamba (pegawai kantor pajak Kota Sorong, Papua) dan lain-lain. (ANT).

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024