Kolaka (ANTARA News) - Kabupaten Kolaka meraih penghargaan peningkatan produksi beras nasional (P2BN) dari Pemerintah Pusat yang diserahkan oleh Presiden RI,Susilo Bambang Yudoyono (SBY) pada pekan lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kolaka, Alva Talanipa di Kolaka mengatakan, penghargaan ini diserahkan sebagai wujud keberhasilan Kolaka dalam peningkatan produksi beras secara nasional di atas  lima persen.

"Penghargaan ini sebenarnya diserahkan pada tahun 2010 di mana Kolaka mampu meningkatkan produksi beras secara nasional sebesar enam persen atau di atas standar nasional," katanya.

Menurut Alva, penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah itu guna mendukung target pencapaian swasembada pangan tahun 2014.

"Semua ini dilakukan oleh pemerintah daerah yang bekerjasama dengan masyarakat guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di bidang pertanian," katas mantan Kepala Dinas Pariwisata Kolaka ini.

Untuk itu, lanjut dia, melalui program Pemerintah Kabupaten Kolaka yakni Gerakan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (Gerbangmastra) terus berupaya meningkatkan aktivitas pertanian dengan program "Kolaka Menanam" melalui pencetakan sawah baru dan pembangunan infrastruktur pertanian.

"Kerja sama yang dilakukan antara pemda dan masyarakat sangat bersinergi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani," ujar Alva.

Alva mengatakan, keberhasilan Kolaka dalam meningkatkan produksi pertanian, khususna beras, selama ini juga telah memberikan kontribusi terhadap ketahan pangan di Sultra, terutama untuk pemenuhan kebutuhan beras bagi kabupaten lain. (ANT).


Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024