Kendari (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari menetapkan pasangan Asrun-Musadar sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah Kota Kendari 7 Juli 2012.

Asrun-Musaddar ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kendari melalui rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih wali kota dan wakil wali kota Kendari 2012 di Kendari, Selasa.

Asrun-Musaddar dengan nomor urut tiga (3) mengalahkan empat pesaingnya dalam pilkada tersebut setelah meraih suara tertinggi yakni mencapai 81.965 suara atau 56,05 persen suara sah pemilih.

Pasangan Tony Herbiansyah-Yani Kabsim Marewa (5) berada pada urutan kedua setelah meraih 35.054 suara atau 23,97 persen, menyusul pasangan Lao Oe Magribi-Rachman S. Latjinta (1) meraih 14.555 suara atau 9,95 persen dari suara sah pemilih.

Pasangan La Ode Geo-Unggul (2) berada pada urutan empat dengan meraih suara 7.889 suara atau 5,39 persen suara sah pemilih, pada urutan terakhir adalah pasangan Hasid Pedansa-Orda Silondae (4) meraih suara 6.781 suara atau 4,64 persen.

Pasangan Asrun-Musaddar (3) didukung lima partai yakni PAN, PKS, PPP, Partai Golkar dan Partai Demokrat. Pasangan Tony Herbiansyah-Yani Kasim Marewa diusung Partai Hanura, Partai Gerindra dan PBB.

La Ode Geo-Silverius Oscar Unggul (2) melalui jalur independen, pasangan La Ode Maghribi-Rachman Latjinta (1) didukung oleh 17 partai non sheet dan pasangan Hasid Pedansa-Orda Silindae (4) didukung oleh PBR, PDIP dan PPDI.

Ketua KPU Kendari, Syam Abdul Jalil mengatakan, pilihan ini merupakan hasil proses demokrasi dari masyarakat Kendari, karena itu diharapkan tidak ada warga yang terprovokasi oleh kepentingan segelintir orang, yang mencoba merongrong proses demokrasi yang sudah terlaksana.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang selama ini memberikan dukungan pengamanan secara maksimal, begitu pula semua pihak yang memberikan dukungan suksesnya Pilkada Kota Kendari yang berlangsung aman damai dan tertib," katanya.

Pleno ini dihadiri oleh pasangan terpilih Asrun-Musadar, sementara empat pasangan lainnya tidak hadir. (ANT).

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024