Wangiwangi (ANTARA News) - Umar Arsal, anggota DPR RI dari Partai Demokrat asal Sulawesi Tenggara membuka kejuraan "Futsal Umar Demokrat Cup" di Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, Selasa.

Kejuaran yang berlangsung di Lapangan Merdeka Wangiwangi itu diikuti 38 tim Futsal se-Kabupaten Wakatobi itu.

"Saya harapkan dalam bertanding,  tim selalu menjunjung sportivitas dan lebih mengutamakan persaudaraan," kata Umar Arsal.

Ia mengatakan, tim yang menjadi juara satu dalam kejuaraan itu, akan menjadi utusan Kabupaten Wakatobi untuk mengikuti Kejuaraan Futsal Umar Demokrat Cup tingkat Provinsi Sultra yang akan digelar di Kota Kendari pada Oktober 2012.

"Silakan saudara-saudara berjuang menjadi yang terbaik, sehingga bisa mengikuti kejuaraan Futsal Umar Demokrat Cup di Kendari nanti," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan kejuaraan futsal itu untuk menumbuhkan minat generasi muda terhadap olahraga, khususnya futsal.

"Kita harapkan melalui kegiatan seperti ini, tidak sekedar hura-hura memperebutkan piala, melainkan lebih dari itu, untuk menumbuhkan tali persaudaraaan dan kebersamaan di kalangan anak muda, terutama peserta dalam kejuaraan futsal ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kejuaraan Futsal Umar Demokrat Cup, La Ode Moane Sabara mengatakan, pada kejuaraan ini selain memperebutkan Piala Umar Demokrat, juga pemenang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan.

Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta dan jura ketiga Rp1 juta.

Menurut Moane, minat peserta yang mendaftar untuk mengikuti kejuaraan tersebut cukup banyak, namun panitia hanya membatasi sampai 38 tim.

"Kita membatasi jumlah tim yang ikut dalam kejuaraan ini semata-mata karena pertimbangan waktu. Kalau terlalu banyak, maka pelaksanaannya bisa memakan waktu paling cepat dua minggu," katanya. (ANT).

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024