Kendari (ANTARA News) - Seluruh ruas jalan yang ada di Kota Kendari saat ini sudah menggunakan aspal hormix atau aspal berkualitas tinggi.

"Selama kurang lebih lima tahun menjabat Wali Kota Kendari, kami sudah menyelesaikan pengaspalan jalan dalam kota ini sekitar 95 persen, yang seluruhnya menggungkan aspal hotmix," kata Wali Kota Kendari, Asrun di Kendari, Senin.

Menurut dia, ruas jalan dalam kota yang belum diaspal tinggal jalan-jalan di dalam kawasan pemukiman yang baru dibuka oleh para pengembang perumahan.

"Bukannya kami tidak peduli dengan sarana jalan di dalam kawasan pemukiman baru, tapi karena kawasan tersebut baru dibuka, maka sarana jalan yang ada di dalamnya masih menjadi tanggung jawab developer," katanya, seraya menambahkan, "Insya Allah, jika terpilih kembali menjadi wali kota Kendari nanti, sisa jalan yang belum teraspal sekitar 5 persen segera dirampungkan.

Selain mengaspal jalan dengan menggunakan hotmix, kata Asrun, Pemerintah Kota juga tengah membuka jalan lingkar poros Baruga - Nangananga dengan panjang sekitar 40 kilometer.

Pembangunan ruas jalan tersebut untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas dalam kota karena nantinya kenderaan yang berasal dari luar kota seperti dari Konawe Selatan, Bombana dan Kolaka, akan melewati jalur tersebut saat masuk dalam Kota Kendari.

"Ruas jalan ini, akan menjadi prioritas penyelesaian tahun 2013 atau tahun pertama jabatan wali kota, jika masyarakat Kota Kendari masih memberikan amanah ini kepada kami," kata Asrun yang mencalonkan kembali wali kota Kendari yang berpasangan tetap dengan Musaddar Mappasomba. (Ant).

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024