Makassar, Sulsel (ANTARA News) - Australia melalui Department of Infrastructure and Transport Australian memusatkan program keselamatan transportasi tahun ini di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

General Manager Road Safety and Program Surface Transport Police Division, Department of Infrastructure and Transport Australian Joe Motha mengungkapkan rencana tersebut dalam pertemuannya dengan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang di Makassar, Kamis.

Joe Motha mengatakan, kunjungannya ke Sulsel untuk berbagi pengalaman tentang keselamatan transportasi. Menurutnya, banyak orang di dunia setiap tahun meninggal akibat kecelakaan di jalan.

"Kami datang di Sulsel bukan untuk mengajari tetapi hanya berbagi pengalaman tentang keselamatan di jalan dan masalah ini merupakan masalah global," katanya yang menambahkan tahun ini merupakan tahun ketiga Australia bekerja sama dengan Indonesia dalam program keselamatan transportasi dan kali ini dipusatkan di Sulsel setelah sebelumnya dilaksanakan di Jakarta dan Bali.

Pemerintah Australia, jelasnya, juga menyiapkan anggaran untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam mendukung program keselamatan di jalan.

Program tersebut berupa panduan di bidang keselamatan transportasi meliputi keselamatan penerbangan, perairan dan darat.

Di Kota Makassar, tahun ini akan digelar dua loka karya untuk berbagi pengetahuan keselamatan jalan oelh ahli-ahli dari Australia kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan terkait di Sulsel.

Berdasarkan hasil pelaksanaan di Jakarta dan Bali, ia menilai, terdapat peningkatan pengetahuan peserta lokakarya mengenai keselamatan jalan serta kemampuannya untuk bekerja sama dengan semua instansi terkait.

"Kami tidak bisa mengatakan ada penurunan tingkat kecelakaan karena kami tidak ada data sebelum dan sesudah pelatihan. Tetapi kalau diterapkan sesuai dengan yang diajari oleh ahli seharusnya sangat membantu," jelasnya.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024