Kendari (ANTARA News) - Seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bersepakat mencalonkan Buhari Matta yang juga Ketua DPW PPP Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk maju pada pemilihan gubernur (pilgu) Sultra periode 2013-2018.

Pelaksana harian Sekretaris DPW PPP Sultra, Arman Manila di Kendari, Rabu mengatakan, kesepakatan seluruh DPC PPP se-Sultra itu ditetapkan melalui rapat pimpinan (rapim) partai tersebut, yang digelar di Kendari, Rabu (15/2).

"Seluruh pimpinan DPC PPP se-Sultra, menyepakati dan mendukung penuh Buhari Matta untuk maju pemilihan gubernur mendatang," kata Arman.

Ia mengatakan, di DPRD Sultra hanya memiliki tiga kursi PPP, dan tidak bisa mencukupi untuk mencalonkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, sehingga partai berlambang Ka`bah itu akan membangun koalisi dengan beberapa partai pemilik kursi di lembaga legislatif tersebut.

"Kami akan membangun koalisi dengan beberapa partai pemilik kursi di DPRD Sultra sampai mencapai tujuh kursi, sehingga bisa memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sultra," ujarnya.

Ia juga mengatakan, partainya akan menyerahkan sepenuhnya pada kesepakatan koalisi partai untuk menentukan calon wakil gubernur yang mendampingi Buhari yang saat ini menjabat Bupati Kolaka.

Dalam rapim PPP Sultra tersebut, kata Arman, juga melahirkan kesepakatan untuk mendukung bupati incumbent Rusda Mahmud berpasangan dengan Bobby sebagai calon bupati dan wakil bupati untuk maju pilkada Kolaka Utara yang akan digelar 18 Maret 2012.

Seluruh DPC PPP itu juga menyatakan dukungan terhadap Asrun yang saat ini Wali Kota Kendari untuk maju pemilihan wali kota Kendari yang akan digelar 7 Juli 2012.

"Kami juga akan memproses dukungan terhadap bakal calon bupati pada beberapa pilkada lain di Sultra seperti Kota Baubau dan Konawe," ujarnya.

Saat ini, kata dia, PPP baru menerima usulan penetapan calon bupati Konawe, yakni Irawan Laliasa yang kini menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe.

Dalam rapim tersebut dihadiri sejumlah pengurus DPP PPP, di antaranya Suarso Manoarfa, Emron Pangkapi dan Fernita Darwis serta Ketua DPW PPP Sultra.(Ant).

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024