Kendari (ANTARA News) - Harga biji mete gelondongan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ditawarkan di sejumlah tempat sedikit mengalami penurunan dibanding dengan bulan lalu.

Pada Rabu harga biji mete gelondongan kini dijual seharga Rp9.700 per kilogram yang sebelumnya mencapai Rp10.000 hingga Rp10.500 per kilogram.

Turunya harga biji mete gelondongan itu dipicu karena kualitas buah akhir-akhir sedikit menurun dan berwarna kehitaman, sehingga pembeli tidak berani menaikkan harga.

"Mungkin ini disebabkan faktor hujan, sehingga rata-rata buha mete tahun ini kuirang baik dibanding dengan panen tahun lalu," kata Usman, pedagang mete dibilangan opasar Wua-Wua Kota Kendari.

Sementara berbagai komoditas andalan lainnya seperti kakao, kopra di pasaran Kota Kendari, cenderung masih tergolong stabil.

Harga kakao kini menjadi Rp19.200 per kilogram, kopra Rp10.000 per kilogra dan lada juga tetap pada kisaran Rp50.000 per kilogram.

Sementara komoditas andalan lain khususnya cengkih yang belum tiba musimnya kini mencapai di atas Rp100.000 per kilogram.

Terjadinya fluktuasi dari komoditas andalan itu dipicu dari permintaan dari luar daerah.

"Biasanya bila pembeli dari luar meningkat permintaannya maka harga terkadang naik seketika dalam batyas yang masih wajar," kata Leny, pedagang pengumpul di kawasan pasar Wuawua.

"Permintaan pasar selama sepekan terakhir ini cukup tinggi, sementara persediaan ditingkat petani dan pengumpul sangat kurang menyebabkan harga langsung naik cukup tinggi," kata Yunus, pedagang pengumpul hasil bumi di Kota Kendari.

Meski stok komoditas andalan perkebunan itu masih tergolong sepih, menyebabkan transaksi permintaan pasar dari luar daerah maupun ekspor juga sedikit berkurang.

Sementara jenis komoditas andalan lainnya seperti kopi dan kemiri dan pinang belum mengalami perubahan yang berarti dan stabil seperti pada pekan sebelumnya.

Para pedagang mengatakan, naiknya harga sejumlah komoditas andalan itu menyusul perminta pasar lokal maupun untuk kebutuhan ekspor mulai meningkat.

Para Pedagang kini mulai banyak yang langsung membeli di tingkat petani disejumlah daerah sentra di Sultra. sehingga harganya pun terkadang lebih rendah dibanding dengan membeli pada tingkat pengumpul yang sudah mencari keuntungan dari petani.

Begitu pula dengan pedagang dari kabupaten Konawe Selatan, Wawan mengatakan, secara umum harga hasil perkebunan akhir-akhir ini belum menunjukkan kenaikan yang berarti karena pedagang dari luar belum ramai yang datang membeli.

Setiap kabupaten di Sultra, katanya, berbeda-beda harga penjualan hasil komoditasnya. Di Kabupaten Buton dan Bombana misalnya harga kopra yang biasanya Rp6.000 per kilogram sementara di Kabupaten Konawe dan Kota Kendari ditawarkan Rp5.000 per kilogram.

Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kota Kendari, H Syam Alam mengatakan, perbedaan harga yang terjadi di pasaran merupakan hal biasa.

"Jika kualitias yang dihasilkan para petani itu memang baik, maka tentu nilai jualnya pun akan mahal. begitu pula sebaliknya bila hasil yang djual itu tidak memenuhi standar pasar maka harganya pun akan dibeli sesuai dengan mutu" katanya.

Ia menambahkan, harga komoditas andalan yang di jual di Kota Kendari dengan beberapa kabupaten lain di Sultra tidak sama karena dipengaruhi faktor kualitas.

Rincian harga komoditas perkebunan sebagai berikut:
==================================================
Jenis komoditas                             Harga (Rp)/Kg

                                          23/11                       sebelumnya
-------------------------------------------------------------------------------
KACANG METE:

- Biji mete kupas super       70.000                      70.000
- Biji mete biasa                 50.000                     50.000
- Kacang mete goreng        80.000                     80.000
- Mete gelondongan              9.700                     10.000

KAKAO:

- Kakao biji kering               19.200                    19.200
- Kakao biji setengah kering 15.500                    15.500

KOPI:

- Kopi biji kering robusta      22.000                    22.000
- Kopi biji kering campuran  20.000                    20.000
- Kopi bubuk robusta           40.000                    40.000
- Kopi bubuk campuran       35.000                    35.000

Kopra:

- kopra kualitas baik            10.000                    10.000
- kopra kualitas sedang          6.700                     6.700

CENGKIH:

- Cengkih kering                100.000                   85.000
- Lada                                50.000                   45.000
------------------------------------------------------------------------------
(Ant).

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024