Kendari (ANTARA News) - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Sulawesi Tenggara akan menambah gudang beras di Kabupaten Bombana pada 2012.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra) Imran Abdullah, di Kendari, Minggu, mengatakan, penambahan gudang Bulog di daerah itu karena potensi peningkatan produksi beras sangat besar.

"Kalau petani memaksimalkan produksi mereka dengan berbagai stimulan dari pemerintah, maka daerah itu memiliki potensi besar untuk meningkatkan memproduksi beras," katanya.

Menurutnya, saat ini sudah ada tiga gudang beras Bulog Divre SUltra yang tersebar di Kabupaten Bombana.

"Ketiga gudang tersebut yakni Gudang Kasipute, Gudang Bambaya, dan Gudang Kabaena," katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan, Bulog Divre Sultra memiliki 10 gudang beras Bulog, selain tiga yang ada di Bombana, ada juga Gudang Ereke di Kabpaten Buton Utara, Gudang Wanci di kabupaten Wakatobi.

Selanjutnya Gudang Benubenua di Kota Kendari, Gudang Baubau Kota Baubau, Gudang Kolaka Kabupaten Kolaka, Gudang Raha Kabupaten Muna dan Gudang Unaaha Kabupaten Konawe.

Ia menjelaskan, penambahan gudan beras Bulog di Kabupaten Bombana tersebut akan dibangun di Kasipute, sehingga nantinya terdapat dua gudang di Kasipute.

Selain untuk menampung beras yang kita beli dari petani dan dari luar daerh Sultra, gudang tersebut akan mendekatkan pelayanan penyaluran raskin, karena daya tampung terhadap gudang yang ada di Kabupaten Bombana akan semakin besar.

"Kalau daya tampung gudang sudah besar, maka bisa melayani untuk penyaluran raskin di kabupaten tetangga seperti Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe Selatan," pungkasnya. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024