1. Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2011 menyalurkan oupuk secara gratis kepada petani sebanyak 1.147,2 ton.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Sultra, Akbar, di Kendari, Senin, mengatakan, pupuk gratis yang disalurkan tersebut terdiri dari pupuk organik sebanyak 573,6 ton dan pupuk jenis NPK sebanyak 573,6 ton sehingga totalnya sebesar 1.147,2 ton.

"Pupuk yang disalurkan tersebut untuk lahan pertanian seluas 3.824 hektare yang terdapat di tiga kabupaten di Sultra," kata AKbar.

Ia mengatakan, tiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kolaka seluas 1.324 hektare, Kabupaten Konawe Selatan seluas 1.500 hektare dan Kabupaten Konawe seluas 1.000 hektare.

"Semua pupuk tersebut sudah tersalur kepada petani penerima manfaat ditiga kabupeten tersebut," katanya.

Akbar mengatakan, tiga daerah yang mendapatkan oenyaluran pupuk secara gratis tersebut adalah daerah penghasil atau produksi terbesar padi di Sultra.

Menurutnya, pupuk yang diberikan tersebut dengan estimasi pemupukan setiap hektare lahan diberi 150 koligram pupuk organik dan 150 kilogram pupuk NPK.

Ia menjelaskan, pemberian bantuan pupuk secara gratis tersebut dengan harapan produktivitas padi di daerah itu bisa lebih meningkat sehingga akan mendongkrak produksi beras Sultra secara umum per tahun.

Akbar berharap, agar pentani daerah yang merupakan penerima pupuk secara gratis tersebut bisa memanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatakan produktivitasnya. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024