Makassar, Sulsel (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang berbagi tips kuliah pertanian dengan ratusan mahasiswa baru Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Minggu.

Dalam penyambutan mahasiswa baru tersebut, Agus menantang para mahasiswa untuk mengembangkan industri pertanian Sulsel yang menjadi perhatian khusus Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama dirinya.

"Fakultas Pertanian harus merancang industri apa yang bisa merangsang para mahasiswa untuk belajar, nanti kerjasama dengan Pemprov Sulsel," katanya.

Agus yang juga lulusan terbaik Fakultas Pertanian Unhas mengemukakan, sudah saatnya mahasiswa pertanian mengembangkan teknologi sederhana untuk mengolah bahan baku pertanian dan perkebunan di Sulsel yang melimpah.

Industri yang dimaksud Agus termasuk industri yang mengolah hasil pertanian menjadi bahan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi.

"Di Jepang bahan baku makanan biasa saja, cuma cara mereka mengolahnya menjadikan makanan bergizi, yang maju dan unggul," katanya.

Ia juga mengajak para mahasiswa mengisolasi diri dari pertemanan yang tidak bermanfaat, seperti yang ia lakukan sebelum memutuskan dengan organisasi saya Partai Golkar Angkatan Muda Pembaharu Indonesia (AMPI).

Sejak bergabung dengan AMPI, karir politik Agus yang menjalani masa kanak-kanaknya di salah satu kampung di Sidrap, Sulsel, terus menanjak hingga terpilih sebagai Ketua DPRD Sulsel hasil pemilihan umum 2004.  

Pada 2007, Agus mempertaruhkan jabatannya sebagai ketua DPRD Sulsel dan posisinya di Partai Golkar dengan maju di pemilihan gubernur mendampingi Syahrul Yasin Limpo yang dicalonkan koalisi partai.

"Saat ini semua mengatakan bahwa yang terpilih adalah Pak Amin Syam (Gubernur Sulsek saat itu), tetapi saya selalu yakin saya akan jadi Wagub. Saya jadi Wagub karena saya kuliah di pertanian," ucapnya yang disambut tepuk tangan meriah mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Pertanian Unhas.

Agus tidak lupa menceritakan pengalamannya sebelum menjadi Wagub, dari  berdagang beras di Sidrap, sampai kenakalan waktu sekolah di SMAN I Makassar.

Selain itu, ia meminta mahasiswa untuk tidak hanya sukses dalam dunia akademik tetapi juga suksek dalam berorganisasi. (Ant).

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024