Kendari (ANTARA News) - Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun, mengajak jamaah tarawih untuk selalu meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan masing-masing sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan lebih khusyuk.

Hal itu disampaikan wali kota saat memberikan ceramah tarawih di Masjid Babun Nur Kelurahan Tobuha Kecamatan Puwatu dalam rangkaian safari ramadhan Wali Kota Kendari, Selasa.

"Kalau di sekeliling kita aman dan kondusif, maka kita bisa menjalankan ibadah puasa ini dengan tenang, sehingga kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda," kata Asrun di hadapan sekitar 1.000 jamaah.

Wali kota juga mengajak jamaah agar senantiasa meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat dan saling menghargai serta meningkatkan hubungan silaturahim.

"Saya juga menyampaikan agar kita tidak memaknai bahwa takwa seseorang itu hanya dilihat dari frekuensi rutinitas ritual yang dilakukan setiap hari yakni salat lima waktu dan beberapa salat sunat," katanya.

Menurutnya, ketakwaan seseorang itu bisa dilihat ketika dia bisa menafkahkan hartanya kepada fakir miskin disaat waktu lapang dan waktu sempit, mampu menahan amarah dan mampu memaafkan kesalahan orang lain.

"Kebahagiaan akan terasa dalam diri kita sebagai wujud dari ketakwaan, ketika kita sudah bisa berbagi kepada sesama khususnya kepada fakir miskin, bisa menahan amarah kita dan bisa memaafkan kesalahan orang yang pernah bersalah kepada kita," katanya.

Hal lain yang ditekankan Wali Kota adalah mengingatkan kepada jamaah agar senantiasa meningkatkan frekuensi membaca Al Quran selama bulan suci Ramadhan ini, kalau perlu yang belum mengetahui cara membaca huruf Al Quran, agar digunakan kesempatan ini untuk belajar membaca Al Quran.

"Terutama bagi jamaah yang sudah tua tetapi belum bisa baca Al Quran, usahakan harus bisa belajar. Lebih baik terlambat belajar, dari pada tidak sama sekali tahu baca Al Quran kemudian keburu meninggal," ujarnya.

Sebagaimana dalam safari Ramadhan di masjid lainnya, dalam kesempatan itu, wali Kota Kendari menyerahkan 20 kitab Al Quran kepada pengurus Masjid Babun Nur yang diterima langsung oleh Iman masjid.

Dalam tim safari ramadhan Kali Kota Kendari itu, terdiri dari seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Kendari, para asisten Pemkot Kendari, staf ahli Pemkot Kendari dan Kepala Bagian Kota Kendari. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024