Jakarta (ANTARA) - Gashapon Festival yang diselenggarakan tanggal 3 April sampai dengan 28 April 2019 di Mall of Indonesia menjadi salah satu penarik minat para pencinta anime dan figur-figur asal negeri matahari terbit, Jepang.

Gashapon adalah mainan kecil yang terdapat didalam sebuah kapsul yang diletakkan di dalam sebuah mesin penjual otomatis. Di dalam tabung tersebut terdapat beberapa gashapon dengan mainan atau figur yang beragam jenisnya dalam satu anime.

Para pengunjung harus membeli koin seharga Rp18 ribu untuk dimasukan kedalam mesin tersebut supaya bisa mendapatkan gashapon yang diinginkan.

"Jadi setiap mesin atau tabung mempunyai tema film atau anime yang berbeda, misalnya seperti ada yang temanya One Piece, Pokemon, Doraemon, dan banyak lagi. Nah, di dalamnya ada berbagai karakter dari film tersebut," ujar Andre, seorang staf pada festival tersebut, Jumat.

Festival yang diadakan oleh Multi Toys ini menarik bagi para pencinta action figure karena mainan kecil yang terdapat dalam gashapon berisi tentang berbagai karakter populer yang terdapat dalam anime, manga hingga video game.

Menurut Andre, pengunjung cukup antusias dengan adanya festival tersebut khususnya para kolektor action figure.

"Penuh di hari pertama, sampai mengantri. Ada sekitar 250 orang yang datang pada hari pertama. Selebihnya setiap harinya mungkin sekitar 150 orang yang datang silih berganti. Apalagi akhir pekan, bisa penuh," kata Andre saat ditemui di Festival Gashapon.

Andre juga mengungkapkan bahwa tidak hanya orang dewasa saja yang tertarik pada gashapon, tetapi juga anak kecil.

Selain itu ia juga menceritakan tentang kebiasaan para kolektor atau pengunjung yang bisa membeli koin berkali-kali sampai mainan atau figur yang diinginkan keluar.

Tidak hanya terdapat gashapon, dalam festival tersebut juga pengunjung dapat mencari figur atau boneka dari karakter yang terdapat dalam anime, manga hingga video game.

Pewarta: Ganet Dirgantara dan Citra Maharani Herman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019