Jakarta (ANTARA News) - Bidang olahraga dapat membawa perubahan positif bagi sebuah bangsa, terutama dalam bidang sosial, demikian disampaikan Analis Geopolitik dan Olahraga asal Prancis Arnaud Amouroux.

“Dunia olahraga dapat menjadi katalisator untuk perubahan sosial ke arah yang lebih baik,” kata Arnaud dalam acara seminar bertajuk ‘Olahraga dan Hubungan Internasional’ di Auditorium Institut Prancis di Indonesia (IFI) di Jakarta, Senin.

Menurut Arnaud, selain mempromosikan kesehatan jasmani, masih banyak manfaat lain dari olahraga yang dapat membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Olahraga dapat digunakan sebagai platform untuk membantu perkembangan rasa saling menghormati, menumbuhkan toleransi, bahkan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan,” jelasnya lagi.

Sifat universal dari olahraga membuatnya dapat menembus batasan dan perbedaan, baik dari segi tradisi, budaya, bahkan bahasa.

Selain itu, olahraga juga dapat dipraktekkan oleh seluruh elemen masyarakat. Apapun bentuknya, dari mulai liga olahraaga elite dunia, sampai kejuaraan dalam komunitas lokal, hal itu dapat membawa orang berkumpul bersama tanpa memperdulikan perbedaan.

“Olahraga tidak dilihat sebagai sesuatu yang bersifat mengancam, sehingga orang tidak akan ragu untuk turut berpartisipasi,” katanya lagi.

Bahkan, lanjut Arnaud, organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengakui olahraga sebagai alat untuk mendorong perkembangan di masyarakat.

“Oleh karena itu, PBB telah menetapkan tanggal 6 April sebagai hari Olahraga untuk Perkembangan dan Sosial (International Day of Sport for Development and Peace),” ungkapnya.

Sektor itu juga dianggap memiliki peran dalam usaha untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN Sustainable Development Goals/ SDGs), terutama nomor 3 (Kehidupan sehat dan sejahtera), 4 (Pendidikan berkualitas), 5 (Kesetaraan Gender), 8 (Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi), 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan), dan 16 (.Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh).

Acara seminar ‘Olahraga dan Hubungan Internasional’ digelar di Jakarta dengan menampilkan tiga pembicara asal Prancis, yakni Analis Geopolitik dan Olahraga Arnaud Amouroux dan Cyrille Bret, serta Ahli masalah Politik dan Keamanan Asia Barthelemy Courmont.

Baca juga: Kemenpora-INASGOC serahkan peralatan tanding pada cabang olahraga

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018