Batam (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia memberi penghargaan pada 72 atlet dari delapan cabang olehraga yang berprestasi dalam ajang Pekan Olahraga Wilayah Sumatra dan Pra PON Riau 2012 yang digelar pada 2011.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Riau (Kepri) Nur Syafriadi mengatakan penghargaan tersebut sebagai upaya agar para atlet semakin semangat menghadapi PON yang akna digelar di Provinsi Riau September mendatang.

"Penghargaan berupa uang pembinaan ini sebagi dorongan agar mereka lebih giat berlatih untuk menghadapi PON 2012," kata dia.

Ia mengatakan, 72 atlet yang mendapatkan penghargaan tersebut terdiri dari 12 orang yang mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu dalam pagelaran Pra PON, dengan rincian tiga atlet cabang tinju, satu atlet karate, satu atlet ski air, dan tujuh atlet cabang layar.

Sementara 60 atlet lain yang berpersetasi dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra dari empat cabang olahraga yaitu 16 atlet bulutangkis, 20 atlet takrow, 12 atlet bola basket, dan 12 atlet pencaksilat dengan perolehan emas, perak, dan perunggu.

"Selain untuk atlet penghargaan juga diberikan pada 10 orang pelatih dari delapan cabang olehraga yang atletnya berprestasi dalam Pra PON dan Porwil Sumatra," kata dia.

Ketua Panitia malam apresiasi insan olahraga kepri, Iskandar Alamsyah mengatakan Koni juga memberikan penghargaan pada tokoh pembina olehraga yang semuanya pernah menjabat ketua KONI Kepri pada masa lalu.

Selain itu, kata dia, penghargaan juga diberikan kepada perusahaan dan sekolah yang peduli terhadap olahraga seperti McDermot Indonesia, Citra Mas Group, Batamindo Invesmnet Cakrawala, Sekolah Harapan Utama, SMA 4 Tanjungpinang, dan SMA 17 Batam.

Media Massa dan wartawan dari Haluan Kepri, Batam Pos, Tribun Batam, dan Batam TV yang semuanya merupakan media lokal juga mendapatkan penghargaan atap dedikasi mereka meliput dan memberitakan seluruh kegiatan olahraga di Kepri.

KONI Kepri juga memberikan penghargaan khusus pada Majelis Sukan Johor Malaysia, karena pada penyelengaraan Porwil Sumatra 2011, Batam sebagai tuan rumah bekerjasama menggelar cabang olehraga atletik di Johor Malaysia.

Gubernur Kepri, Muhammad Sani berharap, atlet Kepri bisa menunjukkan prestasi yang terus meningkat sehingga dapat mengharumkan nama Kepri dan Indonesia melalui olehraga. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012