Kapolri resmikan pengoperasian helikopter baru Korpolairud

id Kapolri jenderal listyo, listyo sigit prabowo, hut korpolairud polri, baharkam polri, helikopter baru Polairud

Kapolri resmikan pengoperasian helikopter baru Korpolairud

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meresmikan pengoperasian helikopter baru milik Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri pada acara HUT Ke-71 Korpolairud di Banten, Rabu (1/12/2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meresmikan pengoperasian 11 unit helikopter baru milik Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri pada acara HUT Ke-71 Korpolairud di Banten, Rabu.

Menurut Sigit, helikopter tersebut menjadi alat utama sistem persenjataan (alutsista) atau sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan tugas Polri menghadapi tantangan, mengingat Indonesia tengah mengembangkan sejumlah kawasan industri ataupun pariwisata dan kawasan strategis nasional lainnya.

"Kehadiran pesawat helikopter baru ini tentunya mobilitas dan sekaligus pengawasan serta pemantauan melalui udara terhadap kawasan tersebut juga akan makin baik," kata Sigit.

Korpolairud Baharkam Polri akan mengoperasikan armada baru berupa sembilan helikopter Agusta Westland (AW) 189 dan dua helikopter AW 169 dalam rangka memperkuat pertahanan dan keamanan di Tanah Air.

Alat utama baru yang dimiliki Korpolairud, kata Kapolri, juga akan dimaksimalkan untuk sukseskan beberapa agenda nasional ataupun internasional yang ke depannya akan dilaksanakan di Indonesia.

Sigit menyebutkan Polri akan menghadapi beberapa tantangan tugas terkait dengan penyelenggaraan event nasional maupun internasional.

"Terkait dengan presidensi tentunya membutuhkan pengamanan. Kami tentunya akan persiapkan semuanya agar bisa menjadi lebih baik," kata Sigit.

Di sisi lain, Sigit menyampaikan kepada seluruh jajaran Korpolairud untuk selalu berada di garis terdepan dan responsif untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

Menurut dia, macam-macam bencana yang terjadi di Tanah Air menjadi tantangan tugas Polri, seperti longsor dan bencana perairan yang tentunya memerlukan kehadiran Polri.

"Harapkan kami akan jauh lebih baik dengan adanya sarana dan prasarana baru yang dimiliki. Demikian juga dengan tantangan tugas yang lain," kata Sigit.

Dalam kegiatan itu, Kapolri juga menyempatkan menyapa secara langsung jajaran Korpolairud yang sedang menjalankan tugas di perairan dan lokasi penugasan operasi di beberapa wilayah Indonesia.

Saat menyapa personel Korpolairud yang bertugas pada Satgas Nemangkawi, Sigit menekankan untuk terus meningkatkan kewaspadaan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Ia juga berpesan agar setiap menjalankan tugas untuk terus berhati-hati dan mengikuti SOP.

Selanjutnya, Sigit juga menyapa jajaran Korpolairud yang bertugas di perairan NTT. Pada kesempatan itu, Kapolri meminta personel mengamankan lokasi destinasi Labuan Bajo yang sedang dikembangkan untuk sektor pariwisata oleh Pemerintah.

Baca juga: Kapolri: Korpolairud wujud representasi negara hadir setiap wilayah

Baca juga: Kapolri sebut pertemuan dengan Kasad perkuat sinergisitas TNI/Polri

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar