LLDIKTI X: Literasi digital bisa tingkatkan kemampuan pustakawan PTS

id Berita Padang, berita Sumbar, LLDIKTI,X,literasi digital,pustakawan,perguruan tinggi swasta,PTS

Kepala LLDIKTI Wilayah X yang melingkupi Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumbar, Prof Herri. (FOTO ANTARA/Laila)

Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Dr Herri berharap kegiatan literasi digital dapat meningkatkan kemampuan pustakawan perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah kerjanya yakni Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Sumbar.

"Literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern saat ini," katanya di Padang, Minggu.

Menurut dia para pustakawan harus menguasai literasi informasi serta literasi lainnya sehingga dapat mengembangkan kegiatan literasi informasi di lingkungan sekitarnya.

"LLDIKTI Wilayah X sebagai bagian dari lembaga pemerintahan berkewajiban membina dan mengembangkan kompetensi pustakawan PTS," katanya.

Selain itu, ia mengatakan tidak hanya dalam hal pengelolaan perpustakaan, tetapi yang tidak kalah pentingnya yaitu layanan perpustakaan.

Ia juga mengatakan pelatihan literasi digital dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan pustakawan, serta untuk membangun jaringan kerja sama antar perpustakaan dan juga dengan narasumber.

“Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, juga dapat meningkatkan komitmen pustakawan dalam memberikan layanan kepada pemustaka, baik mahasiswa maupun dosen,” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan sebelumnya LLDIKTI Wilayah X juga telah mengadakan kegiatan literasi digital bagi para pustakawan PTS selama dua hari.

Ia menambahkan pada Kamis (22/10) untuk pustakawan PTS di wilayah Sumbar dan Jambi. Kemudian pada Jumat (23/10) untuk pustakawan PTS di wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Kegiatan yang telah dilakukan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para pustakawan di PTS ke depannya, demikian Herri.

Baca juga: Kemendikbud: Humas PTS harus adaptif pada teknologi dan media

Baca juga: Perpusnas: Pustakawan berperan membentuk budaya literasi

Baca juga: Di lingkungan LLDIKTI Wilayah X dosen PTS bakal peroleh BLT

Baca juga: Pustakawan didorong proaktif sebar informasi perpustakaan digital

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar