Pasien positif COVID-19 di Banda Aceh tinggal tiga orang

id COVID-19 Aceh,Pemkot Banda Aceh,Kota Banda Aceh,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Dok ANTARA

Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyatakan jumlah pasien positif COVID-19 yang masih dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa milik pemerintah kota (pemko) setempat tinggal tiga orang.

"Alhamdulillah, pasien positif tersisa tiga orang. Ketiganya kini tengah menjalani perawatan, dan mari kita doakan agar Banda Aceh kembali nihil kasus COVID-19," kata Aminullah di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan, sebelumnya sempat terjadi lonjakan kasus COVID-19 dalam satu pekan terakhir, dan kini daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah" itu kembali mengalami penurunan signifikan.

Fenomena lonjakan tersebut, katanya, terjadi dengan begitu cepat. Tapi setelah diberlakukan tatanan normal baru, setiap aktivitas dijalankan dengan harus menerapkan aturan protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Banda Aceh terus menurun

Baca juga: Tambah dua, pasien sembuh COVID-19 di Aceh 42 orang


Dari data Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh hingga hari ini pukul 12.00 WIB menyebut, kasus positif COVID-19 menjadi total 18 orang. Ada pengurangan tiga orang di Selasa (7/7), satu orang meninggal dunia, dan tiga orang masih dalam perawatan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 29 orang, dan selesai menjalani pemantauan 83 orang dari total 112 orang.

"Sempat terjadi perenggangan pada perbatasan, dan kebijakan tersebut diambil berdasarkan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat (new normal). Namun dalam sepekan terakhir ini, kita telah kembali tingkatkan aturan dalam daerah," katanya.

Wali kota menegaskan, Tim Siaga COVID-19 Banda Aceh juga telah menginstruksikan gampong-gampong (desa-desa) untuk melakukan tes cepat setiap orang yang baru saja tiba dari luar daerah.

Aminullah juga kembali mengingatkan warga kota untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas sehari-hari.

"Gunakan masker, sediakan hand sanitizer, dan cuci tangan dengan sabun, dan jauhi keramaian untuk sementara waktu," kata Wali Kota Aminullah.

Direktur RSUD Meuraxa, dr Fuziati Sp Rad, memastikan pasien positif COVID-19 yang telah sembuh dipulangkan, setelah hasil pemeriksaan terakhir dinyatakan negatif.*

Baca juga: Sekolah di Banda Aceh tetap berlangsung daring, sebut Wali Kota

Baca juga: Menko PMK apresiasi pencegahan COVID-19 di Aceh

Pewarta : Muhammad Said
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar