Hari ini telah datang alat kesehatan berupa APD sebanyak 140 koli atau 7.000 buah dan masker sebanyak empat koli atau 4.000 buah
Badung (ANTARA) - Ribuan alat kesehatan berupa alat pelindung diri (APD) dan masker yang digunakan untuk penanganan wabah COVID-19 dari Satuan Gugus Tugas COVID-19 tiba di Bali melalui Lanud I Gusti Ngurah Rai.

"Hari ini telah datang alat kesehatan berupa APD sebanyak 140 koli atau 7.000 buah dan masker sebanyak empat koli atau 4.000 buah," ujar Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Radar Soeharsono di Kabupaten Badung, Sabtu.

Baca juga: Gugus Tugas: Kasus positif COVID-19 di Bali didominasi "imported case"

Ribuan alat kesehatan untuk penanganan COVID-19 tersebut, dikirimkan Satuan Gugus Tugas COVID-19 dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Lanud I Gusti Ngurah Rai menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU.

Setibanya di Lanud I Gusti Ngurah Rai, petugas TNI AU langsung menyemprotkan cairan disinfektan terhadap pesawat Hercules C-130 tersebut.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Bali bertambah 12 orang

Selain itu, selama proses bongkar muat alat kesehatan dari pesawat ke dalam truk pengangkut yang telah disiapkan, paket-paket kardus yang berisi APD juga disemprot cairan disinfektan.

Radar Soeharsono mengatakan pengangkutan alat kesehatan penanganan COVID-19 menggunakan pesawat milik TNI AU itu dilakukan sebagai salah satu upaya program percepatan melalui media udara

"Distribusi menggunakan pesawat Hercules ini sudah berjalan dari beberapa hari yang lalu ke wilayah Sumatera bagian barat sampai Aceh. Tadi pagi dari Medan menuju Halim ke Surabaya, Lombok dan ke Bali. Setelah ini pesawat Hercules ini langsung kembali ke Malang," katanya.

Baca juga: Ribuan APD dan masker untuk penanganan COVID-19 tiba di Bali

Ia juga mengimbau masyarakat khususnya di Bali untuk bersama-sama melakukan berbagai upaya memerangi COVID-19 atau virus corona dengan tetap melaksanakan protokol yang telah ditetapkan pemerintah.

"Mari semuanya untuk tetap di rumah dan menggunakan masker apabila keluar rumah. Tolong semuanya dapat berpartisipasi. Semuanya harus bersinergi dan mendukung untuk bisa mencegah COVID-19 ini," ujar Radar Soeharsono.

Sementara itu, Ketua Sub Tugas Kesehatan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, dr. I Dewa Gede Basudewa menjelaskan dengan datangnya tambahan 7.000 APD dan 4.000 masker tersebut, stok yang saat ini dimiliki menjadi 7.200 APD serta 4.800 masker bedah.

"Bantuan tambahan APD dan masker
bedah ini akan disimpan di gudang dan nanti akan didistribusikan ke Rumah Sakit Rujukan COVID-19 sesuai dengan permintaan kebutuhan masing-masing tiap rumah sakit," katanya.

Baca juga: RSUP Sanglah habiskan 15-20 APD untuk tangani satu pasien status ODP

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020