Kendari (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara menggelar English Expo 2024, untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa jurusan bahasa Inggris UHO Kendari, yang bertujuan meningkatkan motivasi generasi kita untuk senantiasa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris," kata Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UHO Kendari Aderlaepe di Kendari, Senin

Dia menjelaskan, kegiatan English Expo tersebut dilaksanakan secara online untuk tingkat antar mahasiswa yang di ikuti sekitar 20 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Untuk tingkat universitas kurang lebih sekitar 20 perguruan tinggi," katanya.

Ia menyebutkan bahwa 20 perguruan tinggi di Indonesia tersebut nantinya akan memperebutkan total hadiah sekitar 14 juta dengan beberapa kategori juara, yaitu essay writing, debate, public speaking, dan microteaching.

Lomba essay writing juara satu hadiahnya sebesar Rp1.200.00, juara dua Rp1.000.000, dan juara tiga sebesar Rp800.000. Lomba debate dengan hadiah sebesar Rp5.000.000.

Selanjutnya, lomba public speaking juara satu sebesar Rp1.200.00, juara dua Rp1.000.000, dan juara tiga sebesar Rp800.000. Lomba microteaching juara satu sebesar Rp1.200.00, juara dua Rp1.000.000, dan juara tiga sebesar Rp800.000

Ia berharap bahwa dalam kegiatan tersebut bisa meningkatkan motivasi semua peserta yang ikut lomba english expo tahun 2024 ini.

Adapun perguruan yang ikut dalam kegiatan English expo 2024 se-Indonesia yaitu Universitas Hasanuddin, Sekolah Tinggi Bahasa Asing Lia Yogyakarta, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Universitas Halu Oleo, dan Universitas Gadjah Mada.

Kemudian, International Language Society FEB Unmul, Politeknik Negeri Jember, Universitas Negeri Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer 22 Januari Kendari, Istek Aisyiyah Kendari, Politeknik Jambi, Universitas Jember, Politeknik Penerbangan Medan, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Universitas Syiah Kuala Aceh, dan IAIN Kendari.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024